TUTUP
TUTUP
METRO

Anies Janji Subsidi Biaya Langganan PAM 80 Persen

Untuk warga yang tinggal di rusunawa atau rumah kurang dari 70 m2.
Anies Janji Subsidi Biaya Langganan PAM 80 Persen
Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (VIVA.co.id/ Raudhatul Zannah)

VIVA.co.id – Ketersediaan air bersih menjadi sorotan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Pasangan yang diusung Partai Gerinda dan PKS ini akan memprioritaskan perluasan cakupan dan ketersediaan air bersih untuk seluruh warga Jakarta, melalui akses pipa air bersih.

Meski pemasangan pipa air minum digratiskan, namun tidak banyak warga yang melakukan pemasangan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan cakupan persentase jumlah penduduk terlayani, yang stagnan di angka 60 persen sejak 2012 silam.

"Percepatan pipanisasi air bersih, nantinya akan menjadi solusi paling memungkinkan saat ini," ujar Anies di sela-sela kunjungan ke Kelurahan Penjagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu 13 November 2016.

Anies juga menetapkan target peningkatan jumlah pelanggan sebesar 200 persen, dari jumlah pelanggan tahun 2015, dengan implementasi bertahap yang dimulai dari daerah dengan akses dan kualitas air terburuk.

Hal itu dapat dicapai, dengan menerapkan beberapa langkah. Langkah pertama yakni percepatan sambungan air bersih, yang bertujuan mengurangi penggunaan air tanah. "Selain kualitas air tanah yang kadang kurang baik, penyedotan air tanah akan menurunkan muka tanah, sehingga dapat memperparah banjir suatu saat nanti," ujarnya menjelaskan.

Pasangan tersebut berencana memperluas kriteria penerima pemasangan pipa PAM gratis, untuk warga yang memiliki luas rumah 150 meter persegi ke bawah. Selain itu, ada pula pemberian subsidi 80 persen untuk pembayaran langganan air, pada warga yang luas rumahnya di bawah 70 meter persegi atau tinggal di rusunawa milik pemerintah.

Anies juga berencana menaikkan kapasitas air yang dapat disalurkan, sebesar 30 persen dari yang sudah ada tahun lalu. Hal ini bertujuan agar suplai air ke warga bisa lancar setiap hari.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP