TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Pemilih Jakarta Sulit Ditebak

"Semuanya punya peluang sama"
Pemilih Jakarta Sulit Ditebak
Pengundian Nomor Urut Cagub-Cawagub DKI (Antara/Hafidz Mubarak)

VIVA.co.id – Pengamat politik, Hanta Yuda, menilai semua kandidat yang akan berlaga di Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017, mempunyai peluang yang sama untuk merebut kursi Jakarta satu. Sebab, karakteristik pemilih di DKI, sulit ditebak dan berubah-ubah.

"Jangan buru-buru menyimpulkan siapa yang akan menang di Pilkada DKI Jakarta. Semuanya punya peluang sama," kata Hanta dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu 12 November 2016.

Menurutnya, ada empat karakteristik pemilih di DKI. Pertama, segmentasi pemilih rasional yang cukup banyak. "Hal ini karena DKI mempunyai 40 persen kelas menengah atas yang melek informasi," kata dia.

Selain itu, tingginya pengaruh media sosial dan rendahnya politik uang juga menjadi karakteristik pemilih Jakarta.

Terakhir, lanjut dia, jumlah pemilih yang belum memantapkan pilihan terhadap salah satu pasangan calon, juga tergolong tinggi. Sehingga, meski ada calon yang populer, hal itu belum tentu sejalan dengan tingkat keterpilihan.

"Dalam rumus politik elektoral ada popularitas, kesukaaan dan keterpilihan. Mulainya harus populer dulu. Kemudian baru dikenal dan disukai atau tidak disukai. Tapi disukai itu belum tentu jadi tingkat keterpilihan," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP