TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

KPUD: Pengamanan Kampanye Cagub DKI Jangan Berlebihan

KPU pun sayangkan adanya penolakan kampanye salah satu pasangan calon.
KPUD: Pengamanan Kampanye Cagub DKI Jangan Berlebihan
Ketua KPUD DKI, Sumarno. (Anwar Sadat - VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI  Jakarta, Sumarno menyayangkan adanya penolakan terhadap pasangan calon tertentu yang berkampanye di beberapa tempat di Ibukota. Seharusnya hal itu tidak boleh terjadi karena setiap pasangan calon mempunyai kesempatan yang sama.

"Ada perkembangan yang memprihatinkan yaitu beberapa calon yang di tolak untuk berkampanye di daerah tertentu. Ini sebenarnya tidak boleh terjadi," ujarnya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu 12 November 2016.

Menurutnya, penolakan seperti itu baru pertama kalinya terjadi di Pilkada DKI Jakarta. Untuk itu, peran pihak Kepolisian dibutuhkan dalam mengamankan pasangan calon. "Ini peran aparat keamanan memang sangat penting," tambahnya.

Meski demikian, dia berharap agar pengamanan kepada pasangan calon tidak dilakukan berlebihan. Hal itu agar tidak menciptakan jarak antara pasangan calon dengan masyarakat.

"Karena ini suasana demokrasi kalau pengamanan ketat jangan sampai menciptakan antara jarak antara calon dan masyarakat," ujarnya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, dia berharap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dapat memproses dugaan pelanggaran pemilu itu, meskipun dari pihak kepolisian untuk mengusut dugaan pidana.

"Kami kemarin rapat dengan Bawaslu dan Polda, beberapa titik  harus kita antisipasi," kata dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP