Persiapkan Surat Kendaraan, Operasi Zebra Segera Digelar

operasi zebra jaya
Sumber :
  • ANTARA/Dhoni Setiawan

VIVA.co.id – Bagi pengendara mobil dan motor, persiapkan identitas diri dan surat kendaraan saat berkendara di jalan raya, mulai saat ini. Sebab, dalam waktu dekat kepolisian akan menggelar Operasi Zebra Jaya 2016.

Polisi Beberkan Trik-trik Pengendara Supaya Lolos Razia

Menurut Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, operasi besar-besaran itu akan digelar mulai 16 November dampai 29 November 2016.

Tak hanya di ruas-ruas jalan utama dan alternatif di Jakarta, tapi operasi juga bakal digelar di ruas jalan tol. Penindakan tidak hanya berlaku bagi pengendara motor. Tapi juga pengemudi mobil pribadi dan angkutan umum.

Razia Serentak, Mobil Pakai Rotator-Sirine Diincar Polisi

"Operasi Zebra ini penekanannya pada penegakan hukum. Berarti akan diadakan razia. Siapakan identitas pribadi, surat-surat kendaraan bermotor dan taat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Budiyanto, Jumat, 11 November 2016.

Sasaran utama petugas dalam operasi ini di antaranya, melawan arus, tidak mengenakan helm, menurunkan dan menaikkan penumpang tidak pada tempatnya, menerobos jalur TransJakarta, pelanggaran rambu-rambu lalu lintas dan lain sebagainya. 

Djarot: Razia Besar-besaran Ampuh Tingkatkan Pajak Kendaraan

Budiyanto mengatakan, operasi ditekankan di titik-titik rawan pelanggaran rambu lalu lintas di setiap wilayah hukum Polda Metro Jaya. Bagi pelanggar, kata Budiyanto, akan dikenakan sanski sesuai tindak pelanggarannya. "Bagi yang melanggar kami tindak sesuai pelanggarannya," kata Budiyanto.

Operasi kepolisian di JLNT Casablanca.

Awas Lagi Banyak Razia, Jangan Menelepon Sambil Nyetir

Operasi Keselamatan Jaya 2018 hingga 25 Maret 2018.

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2018