TUTUP
TUTUP
METRO

PB HMI Serang Balik Kapolda Metro Jaya

HMI akan melaporkan Irjen M Iriawan dengan pasal pencemaran nama baik.
PB HMI Serang Balik Kapolda Metro Jaya
Ketua PB HMI, Mulyadi P Tamsir, memenuhi panggilan Polda Metro Jaya (Bayu Nugraha)

VIVA.co.id – Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Mulyadi P Tamsir, diperiksa sebagai saksi terkait kericuhan saat unjuk rasa pada 4 November 2016, di depan Istana Negara.

Dia datang bersama kuasa hukumnya, Muhammad Syukur Mandar dan anggota DPD RI Basri Salama dan 38 alumni HMI yang juga jadi kuasa hukumnya, Kamis, 10 November 2016.

Sebelum masuk ruang pemeriksaan, Mulyadi menyampaikan beberapa sikap. Pertama, dia akan mengajukan praperadilan terkait penangkapan dan penetapan tersangka atas kelima kader HMI. Kedua, HMI akan melaporkan Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan, karena telah menghasut dan mencemarkan nama baik HMI.

Mulyadi mengatakan, adapun pencemaran nama baik HMI yang dimaksudnya itu berdasarkan video viral di media sosial youtube. Dalam video tersebut, Kapolda Metro Jaya yang menyatakan, 'Kejar HMI dan pukul dia, HMI itu provokatornya'. Pernyataan yang ada di video viral tersebut dianggap telah merugikan HMI.

"Para wartawan juga sudah tahu dia (Kapolda) menyampaikan bahwa kejar HMI, pukul dia, dia provokatornya. Kami merasa dirugikan atas pernyataan-pernyataan itu," katanya.

Saat ditanyakan apakah benar HMI akan melaporkan Kapolda Metro Jaya dan meminta Kapolda Metro Jaya dicopot, Mulyadi menjawabnya secara tegas dan diplomatis.

"Saya kira kita sebagai warga negara sama-sama punya hak untuk mendapatkan keadilan hukum. Untuk pencopotan silakan tafsirkan sendiri," kata Mulyadi.

Mengenai pemeriksaan hari ini, ia pun menegaskan, sebagai warga negara yang baik ia memenuhi panggilan polisi. Namun, Mulyadi enggan memberikan keterangan apapun jika Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

"Saya hari ini datang sebagai warga negara yang baik. Namun saya memilih untuk tidak memberikan keterangan apapun selama Kapolda Metro Jaya masih dijabat sama Irjen Pol Iriawan," katanya. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP