Pilkada DKI 2017

Ahok Mulai Rahasiakan Rencana Kampanye

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat blusukan di Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tak seperti biasanya, pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan calon Wakil Gubernur, Djarot Saiful Hidayat, terkesan sembunyi-sembunyi memberikan informasi kegiatan kampanye Pemilihan Kepala Daerah DKI 2017.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Pasangan ini tak lagi memberitahukan ke mana dan agenda apa yang akan dilaksanakan mengisi hari pelaksanaan kampanye mereka. Tak hanya kepada masyarakat, tim pasangan Ahok-Djarot, bahkan tak memberitahu informasi kegiatan ke wartawan.

Ahok akhirnya buka mulut soal yang tak biasa ini. Ahok mengatakan, dia dan Djarot tidak merahasiakan kegiatannya. Tapi, ini merupakan bagian strategi kampanye, yang menurut Ahok, sama seperti yang pernah dilakukan Presiden Jokowi di masa kampanye.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

"Enggak dirahasiakan juga. Ini sebenarnya pola yang saya pakai dengan Pak Jokowi," ujar Ahok saat berkunjung ke Petojo Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 8 November 2016.

Mengacu kepada pola, Ahok dan Djarot tidak meminta tim pemenangan yang terdiri atas gabungan partai politik menyusun jadwal kampanye untuk mereka. 

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Ahok-Djarot sekadar meminta tim pemenangan mengarahkannya ke suatu wilayah tertentu. Di sana, mereka bebas ke mana pun. "Suka-suka saya mau jalan ke mana," ujar Ahok.

Bila Ahok-Djarot memutuskan berpedoman kepada jadwal yang disusun tim pemenangan, Ahok khawatir tim hanya akan mengarahkannya ke wilayah yang merupakan basis massa mereka. Hal itu akan membuat kampanyenya tidak nyata. Ia sekadar berkampanye di wilayah yang memang mendukungnya.

"Kalau kami ikuti arahan partai, bisa aja mengarahkan kami ke tempat-tempat yang tidak ada masalah, yang sudah banyak yang pemilih, yang konstituennya," ujar Ahok. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya