TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Gedung di Tanah Abang

Asal-muasal api berasal dari lantai 24 dan 25 gedung.
Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Gedung di Tanah Abang
Sebuah bangunan di Tanah Abang terbakar, Senin, 7 November 2016. (VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon.)

VIVA.co.id - Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubbag Humas) Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Suyatno, mengungkap penyebab kebakaran di bangunan yang belum rampung di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin, 7 November 2016 petang.

Gedung belum rampung yang dilalap si jago merah itu ternyata merupakan Tower I Proyek Gedung Casa Domaine. Sedangkan, asal-musal api berasal dari lantai 24 dan 25 gedung itu.

"Kebakaran diduga akibat korsleting listrik," kata Suyatno pada VIVA.co.id, Senin, 7 November 2016.

Saat kejadian, lanjutnya, para kuli proyek pembangunan gedung tersebut sedang bekerja. Api pertama kali dilihat oleh salah satu pekerja bernama Siswanto (40), yang saat itu tengah bekerja di lantai 25 bangunan tersebut.

"Ketika itu dia (Siswanto) melihat ada yang bekerja memasang AC, tiba-tiba melihat asap yang diduga berasal dari intalasi kabel, selanjutnya menyelamatkan diri turun ke bawah," ujarnya.

Saat sampai di lantai dasar gedung itu, lantas, Siswanto pun, kata dia melaporkan hal itu ke petugas keamanan gedung bernama Eko Yuliono (40). Eko pun segera menghubungi Polsek Metro Tanah Abang, lalu pihak Polsek beserta petugas pemadam kebakaran pun merapat ke lokasi kebakaran.

Belasan mobil pemadam kebakaran pun diturunkan ke lokasi guna mencegah kebakaran meluas. Namun, para pekerja sebelum petugas pemadam kebakaran tiba ke lokasi sudah melakukan pemadaman dengan menggunakan Apar, sehingga api belum membesar. Selain itu, ia juga menegaskan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu.

"Pemadaman api dan dibantu dengan Apar oleh pekerja," kata dia.

Kebakaran sempat menarik perhatian lantaran asap yang sangat banyak, sehingga diduga telah terjadi kebakaran yang besar. Terkait hal itu, Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat, Abdul Cholik, saat dikonfirmasi terpisah menjelaskan hal itu lantaran kabel merupakan benda yang terbakar, sehingga asap mengepul sangat tebal.

"Itu karena yang terbakar kabel (asap mengepul)," ujarnya.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP