Pilkada Jakarta 2017

Anies Jelaskan Hubungannya dengan Pengunggah Video Ahok

Calon gubernur DKI Anies Baswedan berfoto bersama Buni Yani dan lainnya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan soal hubungannya dengan Buni Yani, pengunggah pidato Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) soal surat Al Maidah ke media berbasis video, Youtube.

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

Ia mengatakan hanya mengenal Buni dalam satu acara yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saat itu, Anies menjabat menteri di institusi tersebut. 

Menurutnya, acara itu dihadiri oleh sejumlah pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Amerika Serikat. Ketika itu, Buni Yani salah satu yang hadir di acara itu. 

Marak Kasus Penistaan Agama di Pakistan, Perempuan Muda Divonis Mati

"Jadi kami waktu itu menyelenggarakan halal bi halal warga yang pernah sekolah di Amerika, waktu itu saya Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan). Dan banyak sekali yang hadir, salah satunya dia," kata Anies saat kampanye di Kampung Rawa Lele, Kalideres, Jakarta Barat, Senin, 7 November 2016.

Anies mengaku memang pernah menetap di kota yang sama dengan Buni saat kuliah di Amerika. Namun dia membantah disebut mengenal dekat Buni. Dia pun menampik adanya informasi, Buni merupakan bagian dari tim pemenangan. 

Ferdinand Hutahaean Tulis Surat Permohonan Maaf dari Penjara

"Yang seperti Anda lihat saya juga foto dengan banyak orang. Kemudian foto bareng itu dipelintir," katanya.

"Saya tahu, kenal, tapi bukan kenal dekat. Saya hanya tahu muka, kalau nama saya enggak tahu. Pas lihat fotonya saya tahu," Anies menambahkan. (ase)

Laporan: Eduward Ambarita/ Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya