Anies Janji Lebih Perhatikan Budaya Betawi

Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kalideres, Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi kawasan Kalideres untuk bertemu para tokoh Betawi di Jalan Semanan, Pasar Klipi, RT 01/ RW 01, Jakarta Barat, Senin, 7 November 2016. Kunjungan itu terkait kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

Anies: Biarlah Jakarta Diurus oleh Pemprov Jakarta

Pantauan VIVA.co.id, sampai di lokasi itu, Anies terlebih dahulu melayat salah satu warga yang meninggal dunia bernama Hj. Maryani. Dari tempat itu, Anies mendatangi rumah Ketua Betawi Semanan, Hadi Munif, untuk bertemu sekaligus mengadakan dialog dengan warga.

Di depan Anies, Hadi yang mewakili warga meminta kepada calon gubernur nomor urut tiga itu untuk lebih memerhatikan budaya Betawi. Menurutnya, pemerintah saat ini tak memberikan dukungan terhadap kesenian dan kebudayaan asli Jakarta itu.  "Gimana nih pak, budaya Betawi kurang diperhatikan sama pemerintah?” kata Hadi kepada Anies.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Menanggapi hal itu, Anies yang juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun menjanjikan program budaya.  Dia mewacanakan akan membuat program aktivasi komunitas revitalisasi budaya Jakarta. Program itu akan mengakomodasi kegiatan kesenian dan karang taruna di setiap wilayah.  "Harus berterima kasih sama bapak dan ibu. Tanpa ada bantuan tapi terus membina budaya Betawi," ujar Anies. 

Tidak hanya itu, Anies dengan pasangannya Sandiaga Uno, berencana meningkatkan peran masyarakat. Caranya, dengan menggalakkan kegiatan karang taruna dan Pembinaan Kesejahteran Keluarga (PKK) di tingkat RT/ RW. 

Realisasi Anggaran DKI Semester I Masih Rendah Hanya 28,52 Persen

Menurutnya, membangun kota tidak hanya dibangun secara fisik namun juga memerhatikan kualitas kehidupan warganya. "Insya Allah sama saya dan bang Sandi ingin mengubah bukan hanya mementingkan, memajukan kotanya. Kami ingin lebih banyak memikirkan warganya," ujar Anies.

Laporan Eduward Ambarita/Jakarta

Ketua KPU Arief Budiman, Refleksi Hasil Penyelenggaraan Pemilu 2019

KPU Akan Perpanjang Durasi Kampanye Pilkada Melalui Media

Ini dalam rangka kampanye tatap muka dengan melibatkan massa

img_title
VIVA.co.id
16 Juni 2020