TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Polda Metro Jaya Bongkar Praktik Penipuan Lowongan Kerja

Pelaku berpura-pura membuka lowongan kerja di dua perusahaan besar.
Polda Metro Jaya Bongkar Praktik Penipuan Lowongan Kerja
Polda Metro Jaya ungkap praktik penipuan lowongan kerja. (VIVA.co.id/Irwandi Arsyad)

VIVA.co.id – Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menciduk dua orang pelaku penipuan dengan modus membuka lowongan pekerjaan melalui laman siber.

Kedua pelaku berinisial L alias MA (22 tahun) dan O alias BS (20), warga Desa Otting, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, ditangkap di rumahnya. Sementara satu pelaku berinisial F, masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Kepala Subdit Resmob Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budi Hermanto, menuturkan, pengungkapan kasus yang merugikan masyarakat itu berawal dengan adanya laporan masyarakat ke Dit Reskrimum Polda Metro Jaya.

Budi mengungkapkan, pelaku L dan O mempunyai peran membuat iklan lowongan kerja PT BCA dan PT Djarum di salah salah laman pencarian kerja, www.jobcd.com, dengan berbagai posisi lowongan pekerjaan.

"Setelah korban mendaftarkan melalui surel yang sudah disediakan tersangka, selanjutnya dibalas oleh tersangka dengan mengirimkan surat undangan seleksi dan wawancara kepada korban, dengan mencantumkan nomor telepon tersangka," kata Budi di Mapolda Metro Jaya, Minggu 6 November 2016.

Pelaku L lantas berpura-pura memberitahu korbannya, bahwa tes seleksi dan wawancara akan dilakukan di Bali. Kemudian dia meminta korbannya menghubungi O, yang berpura-pura menjadi pemilik jasa biro perjalanan.

"Selanjutnya, tersangka meminta biaya akomodasi dan transportasi sebesar Rp5 Juta," ungkap Budi.

Tak tanggung-tanggung, Budi menyebut, korban yang tertipu mencapai ratusan orang. Bahkan, pelaku bisa meraih ratusan juta rupiah setiap bulannya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP