Hendardi: Tangkap Aktor Kerusuhan Demo 4 November

Ketua Setara Institute, Hendardi, di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

VIVA.co.id – Ketua Setara Institute, Hendardi, menyesalkan kericuhan yang terjadi pada aksi damai Jumat, 4 November 2016. Menurut dia, demokrasi punya aturan jelas untuk menindak setiap orang, yang melakukan aksi kekerasan, provokasi, penghasutan, dan penyebaran kebencian yang memanifes menjadi kejahatan kebencian.

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

"Polri harus menyelidiki dan menyidik, termasuk melakukan penangkapan para aktor-aktor tersebut," kata Hendardi melalui siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Sabtu, 5 November 2016.

Dia menilai, sikap tegas Presiden Joko Widodo tak cukup hanya dengan menyesalkan adanya kericuhan massa dan menunjuk adanya aktor politik yang bekerja. Jokowi, kata Hendardi, melalui jajaran penegak hukum harus meminta pertanggungjawaban hukum atas kerusuhan dan perusakan yang terjadi di Jakarta. 

Buruh Tangerang Blokade Jalan Raya Serang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

"Dengan keyakinan Jokowi tentang adanya aktor politik penunggang aksi, maka Jokowi dan khususnya Polri, tidak boleh tunduk pada tekanan massa dalam penegakan hukum atas dugaan penistaan agama," tuturrnya.

Para aktor politik yang melakukan provokasi, menghasut, dan menebar kebencian, sehingga massa melakukan sejumlah tindak kekerasan, mesti diproses hukum. "Sebagai negara hukum, aktor lapangan dan aktor di balik layar mutlak diproses secara hukum," ujarnya.

Ribuan Buruh Demo Tolak UMK 2022, Akses Menuju Tol Cikupa Dialihkan
Protes antiperang terjadi di Moskow Rusia usai Ukraina diinvasi

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Lebih dari 750 orang telah ditangkap di kota-kota di seluruh Rusia, karena memprotes invasi Moskow ke Ukraina, yang sekarang memasuki minggu ketiga.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022