Pemicu Kericuhan Demo 4 November

Polisi bersama Satgas Demo 4 November menenangkan massa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Mabes Polri merilis pernyataan soal demonstrasi 4 November 2016 yang pada malam harinya sempat ricuh antara lain di depan Istana Kepresidenan. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar menjelaskan soal pemicu kisruh tersebut.

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

"Seorang laki-laki. Ini contoh saja, namun tidak satu orang ini yang melakukan penyerangan dengan bambu runcing," kata Boy sambil menunjukkan foto kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu, 5 November 2016.

Dia menduga ada kelompok yang memang sengaja ingin memicu kerusuhan. Buktinya, sejumlah orang yang tak mau bubar tersebut membawa bambu runcing dan berupaya menembus barisan pengamanan di depan Istana Merdeka.

Keliling Pasar di Jatim, Satgas Pangan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

"Unjuk rasa damai itu tidak boleh membawa barang-barang yang membahayakan masyarakat lain. Ini contoh momen yang memprovokasi Kepolisian," katanya.

Akhirnya, kata Boy, anggota polisi melontarkan gas air mata untuk membubarkan massa yang mulai mengusik pengamanan. Dia menegaskan, tak ada penggunaan senjata api dalam demo tersebut.

Diduga Produksi Oli Palsu, Komunitas Aktivis Muda Indonesia Desak Mabes Polri untuk Segera Tangkap

"Ini eskalasinya tidak semakin bagus ketika barikadenya tambah lagi dirusak. Mereka ingin terobos dan mungkin ingin mendekat ke Istana," kata dia. (ase)

Iriana Jokowi saat open house

Istana Jelaskan Kronologi Kericuhan Saat Open House Presiden Jokowi

Kericuhan itu terjadi antara warga yang sudah menerima sembako dengan yang belum terima.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024