Ribuan Santri Bawa Sapu, Plastik dan Sekop Bersihkan Sampah

Aksi bersih-bersih santri Pondok Pesantren Darut Tauhid di Demo 4 November
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA.co.id – Aksi unjuk rasa di kawasan Istana Negara sudah dipenuhi massa. Namun, dalam orasi pengunjuk rasa tampak ratusan perempuan berhijab berbaris rapi, tiba-tiba mereka menunduk dengan serempak. Di tangannya ada sapu dan sekop sampah. Dengan sekali aba-aba, mereka membersihkan sekitarnya.

Respon Aa Gym Usai Minimarket Dekat Masjid Daarut Tauhid Disegel Satpol PP

Perempuan dengan hijab lebar dan ada yang memakai burqa, bahu membahu membersihkan sisa sampah. Mereka dengan sigap bekerja, hanya butuh waktu kurang dari 5 menit, daerah 100 meter persegi bersih. Hanya menyisakan pasir.

"Kami semua berasal dari Daarut Tauhid, Bandung, jumlahnya 1.200 orang," ujar Zakaria (45), Koordinator Lapangan (Korlap) aksi bersih-bersih ini, Jumat 4 November 2016. Tidak hanya para santri, pemimpin Daarut Tauhit, Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym juga turun tangan dalam aksi demo hari ini.

Aa Gym Resah Kawasan Pondok Pesantren Jadi Tongkrongan Malam Anak Muda

Zakaria menyebut, para santri ini dinamakan Tim BRTT (Tim Bersih, Rapi, Tertib dan Teratur. Tim ini juga membawa spanduk dan poster dengan tulisan "Islam itu indah", "Islam itu bersih", "Islam santun dan tegas", "Islam itu damai" tulis poster yang dibawa para santriwati dan santriwan itu.

"Kami ingin menampilkan syiar yang berbeda, kita berdemonstrasi dengan cara yang santun, tegas, damai, tertib dan bersih," kata Zakaria.

Saling Hujat karena Beda Pilihan Presiden, Ini Pesan Damai Aa Gym

Tapi sayangnya, tim ini tak bertugas hingga malam. Mereka akan mengakhiri aksinya pada pukul 17.00 WIB nanti. Pasalnya, para santri ini harus kembali ke pondok pesantrennya di Bandung.

"Ini semua dari Bandung, kita cuma sampai jam 5 sore, aksinya mulai sejak ba'da Zuhur tadi," ucap Zakari sambil berlalu dengan 1.200 santriwan dan santriwati yang berbaris rapi dan satu komando itu.

Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah

12 Adab di Hari Idul Fitri yang Perlu Dilakukan Umat Muslim

Ada beberapa adab yang perlu untuk diperhatikan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal. Apa saja? Berikut ini rangkumannya dari ustaz kondang Aa Gym

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024