TUTUP
TUTUP
METRO

Demo 4 November, TransJakarta Lalui Rute Tak Biasa

Koridor 1, 2, dan 3 alami perubahan rute.
Demo 4 November, TransJakarta Lalui Rute Tak Biasa
Sejumlah bus Transjakarta melaju di kawasan Pasar Baru, Jakarta (ANTARA/Wahyu Putro A)

VIVA.co.id – Layanan TransJakarta di dua koridor, Koridor 1 dan 2, akan melalui sejumlah rute yang tak biasa saat unjuk rasa besar dilaksanakan di Jakarta, Jumat, 4 November 2016.

Direktur Operasional PT. Transportasi Jakarta Daud Joseph mengatakan, bus melalui rute di luar rute normal supaya layanan bisa tetap beroperasi.

Bus, tidak terhambat pergerakannya oleh massa yang diperkirakan menggunakan jalur bus di ruas jalan di sekitar Monumen Nasional (Monas), lokasi mereka melakukan long march dari Masjid Istiqlal ke Bareskrim Mabes Polri, Balai Kota DKI, dan Istana Negara.

"Beberapa pengalihan (rute) menjadi antisipasi kami (terhadap unjuk rasa)," ujar Daud dalam jumpa pers di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis, 3 November 2016.

Menurut Daud, pengalihan rute di Koridor 1 (Blok M-Kota) dilakukan untuk menghindari kepadatan massa di jalur bus di Jalan Medan Merdeka Barat, dari Bundaran Patung Kuda hingga Istana Negara. Begitu pula pengalihan rute di Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni). Sementara, rute di Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), mengalami perpendekan. Bus, hanya mengangkut penumpang hingga Harmoni.

"Perpendekan itu supaya perjalanan bus tidak terganggu (oleh massa) dan bus yang ada, bisa cepat berputar (di halte Harmoni)," ujar Daud.

Berikut, adalah perubahan rute Koridor Satu dan Dua:

  1. Koridor Satu arah Kota: Bus dibelokkan ke Jalan Abdul Muis di Bundaran Patung Kuda, keluar di Jalan Majapahit;
  2. Koridor Satu arah Blok M: Bus melalui Jalan Juanda hingga Pasar Baru, melewati Jalan Gunung Sahari, masuk kembali ke jalur Koridor Satu dari arah Jalan Proklamasi;
  3. Koridor Dua arah Harmoni akan diarahkan ke Gunung Sahari tanpa melewati Pejambon;
  4. Koridor Dua arah Pulo Gadung/Pasar Senen akan diarahkan dari Sawah Besar untuk menuju Harmoni.

Rute-rute terusan seperti PGC - Ancol, Kampung Rambutan - Ancol, Pinang Ranti - Kota kemungkinan akan mengalami pengurangan armada. Sementara, rute-rute lain beroperasi normal.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP