Pilkada Jakarta 2017

Ahok Klaim Berhasil Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Jakarta

Kampanye Blusukan ala Ahok.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengklaim telah berhasil meningkatkan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, salah satu hal yang ia lakukan di masa kepemimpinannya adalah mengurangi jumlah ranjang di ruangan kelas tiga RSUD. Dengan demikian, warga miskin yang kebanyakan dirawat di kelas tiga merasa lebih nyaman.

Mereka tak ubahnya seperti dirawat di ruangan kelas dua di rumah sakit swasta.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

"Dulu orang enggak mau ke kelas tiga. Tahu enggak kenapa? Karena satu kamar (kelas tiga) diisi 10 ranjang, ke kamar mandi repot," ujar Ahok saat blusukan untuk berkampanye di RW 08 Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis, 3 November 2016.

Ahok mengatakan, ruangan-ruangan kelas tiga di RSUD kini hanya diisi enam hingga delapan ranjang. Warga miskin yang ingin dirawat dengan lebih nyaman, tidak perlu memaksakan diri membayar lebih mahal supaya dirawat di kelas dua.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

"Tadi ada ibu bingung (mengadu) anaknya (dirawat di) kelas dua. Dia bingung mau bayarin anaknya yang sakit berat. Saya bilang, ibu turun saja ke kelas tiga. DKI bayarkan," ujar Ahok.

Ahok, yang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 masih berpasangan dengan wakilnya, Djarot Saiful Hidayat, berjanji lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan kesehatan.

Menurutnya, RSUD yang saat ini sedang dibangun, dibuat supaya pasien merasa jauh lebih nyaman. Ruangan-ruangan kelas tiga di sana hanya diisi tiga hingga empat ranjang. Warga, mendapat pelayanan kesehatan yang baik dengan biaya yang rendah.

"Buat orang (mendapat pelayanan kesehatan dari pemerintah) lebih enak," ujar Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya