TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Alasan Pasukan Bersorban Dilibatkan Jaga Demo 4 November

Jumlah pasukan itu hanya sebagian kecil dari personel yang dilibatkan.
Alasan Pasukan Bersorban Dilibatkan Jaga Demo 4 November
Pasukan bersorban disiapkan jaga demo 4 November 2016 (VIVA.co.id/ Bayu Nugraha)

VIVA.co.id – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono membenarkan, ada pasukan polisi dengan memakai sorban dan peci disiapkan untuk mengamankan unjuk rasa, Jumat, 4 November 2016.

"(Pasukan itu) dari Brimob Nusantara," kata Awi saat dikonfirmasi, Rabu 2 November 2016.

Ia menjelaskan, pasukan tersebut disiapkan jika nantinya dalam aksi unjuk rasa terjadi kericuhan. "Iya kalau masa anarki dibacakan Asmhul Husna biar tenang kembali," katanya.

Sebelumnya, Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komisaris Jenderal Syafruddin membenarkan mengenai adanya pasukan tersebut. Menurut dia, pasukan itu nantinya akan berbaur dengan para demonstran.

"Itu sebagian kecil untuk nanti bergabung di aksi demo yang damai. Ini judulnya aksi demo damai. Itu sebagian kecil 30 orang," kata Syafruddin di komplek Istana Kepresidenan, Rabu, 2 November 2016.

Syafruddin menyebutkan, terdapat ribuan personel yang disiapkan unjuk pengamanan unjuk rasa. Personel itu terdiri dari gabungan aparat Polri dan TNI. Pasukan itu sempat dikumpulkan dalam apel yang dilakukan di kawasan Monas dan dipimpin langsung Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Syafruddin  mengaku, pihaknya telah mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk mengamankan ketertiban pada aksi 4 November mendatang.

"Presiden sudah jelaskan pertemuan dengan MUI kemarin, laksanakan tugas sebaiknya. Ayomi masyarakat. Upayakan situasi kondusif dan stabil," kata jenderal bintang tiga ini.

(mus)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP