Pilkada DKI 2017

Plt Gubernur DKI Tunda 13 Program Lelang Titipan Ahok

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono
Sumber :
  • Raudhatul Zannah - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono, terpaksa menunda sebanyak 13 dari 14 program lelang yang dititipkan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, sebelum menjalankan cuti pencalonan di Pemilihan Kepala Daerah DKI 2017.

Dishub DKI Bakal Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Akan Diumumkan Pekan Depan

Soni mengatakan, program lelang tersebut ditunda karena memiliki beberapa permasalahan, seperti masalah dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017. Dokumen untuk rancangan APBD dan Kebijakan Umum APBD-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), yang diajukan Ahok, belum disetujui DPRD DKI.

"Untuk APBD 2017 memang ada persoalan terkait dengan proses KUA-PPAS. Di mana KUA-PPAS yang disusun Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama, masih sepihak dan belum disetujui oleh dewan namun sudah dilakukan pelelangan," kata Soni di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 1 November 2016.

Pemerintah DKI Jakarta Siapkan 150 Bus Cadangan Antisipasi Mudik Gratis Terlambat

Ada satu program lelang yang memang sudah disetujui DPRD DKI, yaitu program manajemen konstruksi Sky Hospital RSUD Tarakan, Jakarta Barat. Namun, menurut Soni, dia akan tetap mengkoordinasikannya ke pihak manajemen konstruksi.

"Yang satu sudah deal itu nanti akan kita koordinasikan terlebih dahulu," kata Soni.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Di samping itu, Soni mengatakan, pengesahan KUA-PPAS akan dilaksanakan pada November 2016. Karena, ia meyakini, pengesahan itu harus terlebih dahulu adanya kesepakatan antara Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI.

"Dasar kuat itu adalah kesepakatan Pemprov DKI dan DPRD DKI, nah bentuk prosedurnya, kesepakatan itu ada di KUA-PPAS. Karena aturannya, lelang itu memang kita lakukan setelah punya dasar yang kuat," ujarnya.

Adapun 13 program tersebut sudah dilelang dengan nilai Rp4,42 triliun. Berikut beberapa program-program lainnya yang dilelang, yakni dua pembangunan rumah sakit, dua pembangunan dan rehab sekolah, delapan paket pembangunan rumah susun, dan satu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Lelang itu diajukan Ahok untuk mengejar target selesai satu tahun atau sebelum periode kepemimpinan Ahok, berakhir.

Pemprov DKI pun melaksanakan percepatan lelang berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 4 tahun 2015 tentang perubahan keempat Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa pasal 73.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya