Pilkada DKI 2017

Gerindra: Reshuffle Anies dari Mendikud Tak Berpengaruh

Cagub DKI nomor urut 3 Anies Baswedan naik Vespa saat pawai kampaye damai.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan. Namun Anies diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah elite partai politik menilai, reshuffle itu karena Anies dianggap gagal oleh Presiden Joko Widodo.

Menko Muhadjir: Kalau Orang Bilang 100 Persen Netral, Itu Pasti Bohong

Lalu, apakah kejadian tersebut akan menggerus elektabilitas Anies di mata publik? Tim pemenangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno, Ferry Juliantono mengklaim, dengan reshuffle tersebut akan tidak berpengaruh apa-apa terhadap pencalonan Anies.

“Masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta, sudah cerdas dalam melihat berbagai persoalan,” ujar Ferry.

Debat BW vs Fahri Bachmid, Ketua MK: Kalau Mau Bicara Semua, Keluar Saja

Ferry menjelaskan, sama seperti masyarakat melihat pemecatan Rizal Ramli dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan pemecatan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, yang kemudian justru diangkat lagi menjadi Menteri ESDM.

Menurut Ferry, reshuffle di kabinet tidak selalu karena si menteri memiliki kesalahan atau tidak mampu. Bisa jadi, kata Ferry, karena keputusan menteri itu bertentangan dengan misi presiden atau memang popularitasnya diyakini bisa melebihi presiden.

"Itu kan buat presiden tidak nyaman, lalu diberhentikan. Jadi menurut saya (dalam kaitan Anies) yang gagal bukan menterinya, bisa jadi yang harus dipertimbangkan justru presidennya," ujar Ferry. (ase)

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid bersama petinggi PKB.

Ketua KPU Bilang Saksi Amin Tak Berkualitas, PKB Beri Sindiran Menohok!

PKB merespons pernyataan Ketua KPU RI yang menyebut saksi dari kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD tidak berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024