Pilkada DKI 2017

Agus Yudhoyono Tekankan Solidaritas pada Hari Sumpah Pemuda

Agus Harimurti Yudhoyono saat kunjungi Pasar Bunga Rawa Belong
Sumber :
  • viva.co.id/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Tepat hari ini, Jumat 28 Oktober 2016, bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda ke-88. Sumpah Pemuda mempunyai makna beragam di berbagai lapisan masyarakat.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Salah satunya dari calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono. Menurut Agus, sumpah pemuda bisa diartikan dengan bagaimana menjaga harmonisasi dan toleransi, dan yang paling penting adalah membangun persatuan antar-generasi.

"Saya mengimbau kepada diri saya, sebagai generasi pemuda Indonesia, untuk terus berkomitmen menjaga harmoni, toleransi dan persatuan anak bangsa. Tanpa solidaritas, persatuan Indonesia tidak akan bergerak kemana-mana. Dan sebaliknya dengan persatuan yang kokoh, Insya Allah Indonesia semakin maju, semakin ke peradaban yang lebih tinggi ke depan," kata Agus.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Agus berharap, saat nanti Indonesia menginjak usia 100 tahun. Atau tepatnya pada tahun 2045 mendatang, Indonesia dapat terus menjadi lebih baik dan semakin maju. 

"Kita ingin tahun 2045, atau 100 tahun (usia) Indonesia, masuk ke dalam masa keemasannya dan generasi muda inilah yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan itu semua," kata Agus

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Makna lainnya dalam sumpah pemuda menurut Agus, yakni dengan pembangunan semangat para pemuda di Jakarta. Menurut dia, sebagai ibu kota, DKI harus tetap memiliki semangat pemuda untuk berubah. 

"Sama halnya Jakarta, harus mempunyai semangat pemudanya. Bukan dilihat dari usianya, tapi semangat pemudanya. Agar jakarta semakin mengalami perubahan, baik dan maju. Dan itu membutuhkan partisipasi semuanya," kata Agus.

Karena itu, lanjut Agus, saya meyakini. Paradigma pembangunan Jakarta harus melibatkan semua pihak. "Karena semua kepentingan, dengan tujuan bersama yaitu agar kota ini semakin baik," kata Agus.

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya