Pilkada DKI 2017

Sumarsono Akan Tiru Kebiasaan Ahok Memimpin Jakarta

Sumarsono saat ditunjuk menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, memulai hari pertamanya bertugas di Pemerintah Provinsi DKI, menggantikan sementara posisi Gubernur, yang ditinggalkan Basuki Tjahaja Purnama, karena sedang menjalankan cuti kampanye Pemilihan Kepala Daerah DKI 2017.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Hari ini, Sumarsono, bertugas memimpin upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-88 tingkat DKI Jakarta di Lapangan Eks IRTI Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Soni, sapaan Sumarsono mengatakan, ia senang melaksanakan tugas pertamanya dengan memimpin upacara. Di Kementerian Dalam Negeri, lembaga asalnya, Soni yang mengklaim terbiasa dengan jam kerja panjang, mengatakan harus mencari-cari terlebih dahulu kesibukan di pagi hari jika jadwal kerjanya baru dimulai siang.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Sementara, di Pemerintah Provinsi DKI, jadwal kerjanya telah diatur padat. "Kalau (jadwal kerja) agak siang sedikit, bingung harus cari kesibukan," ujar Soni di Balai Kota DKI, Jumat, 28 Oktober 2016.

Soni berjanji, selama 3,5 bulan menggantikan Ahok, ia akan meneruskan kebiasaan Gubernur yang telah menjabat sejak November 2014 tersebut. Kebiasaan itu telah akrab dengan warga Jakarta. Sehingga, warga Jakarta akan kecewa jika dirinya tidak meneruskan kebiasaan. "Pokoknya kebiasaan Pak Ahok (sapaan Basuki) saya teruskan," ujar Soni.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Soni mengatakan, Ahok dikenal dengan kebiasaannya melakukan interaksi secara langsung dengan warga. Baik itu interaksi tatap muka, atau interaksi melalui teknologi informasi.

Soni, siap ditemui warga secara langsung setiap pagi di pendopo Balai Kota, layaknya Ahok. Dalam waktu dekat, Soni juga berjanji menyebarkan nomor telepon seluler pribadinya. Soni tak hanya menggantikan sementara jabatan Ahok, namun juga menggantikan peran Ahok sebagai kepala daerah yang bersedia menerima langsung keluhan warga.

"Nanti saya berikan saluran handphone yang bisa dishare ke publik. Nanti saya jawab (keluhan warga) sendiri," ujar Soni.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya