Pilkada Jakarta 2017

Hari Ini, Kampanye Cagub DKI Dimulai

Para calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta untuk Pemilihan Kepala Daerah 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Para pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur DKI Jakarta mulai melakukan kampanye dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017, hari ini. Masa kampanye digelar mulai Jumat, 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Tiga pasangan calon yang akan ikut kampanye yaitu pasangan nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni; pasangan nomor  urut dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat; pasangan nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menetapkan sejumlah aturan terkait kampanye. Di antaranya soal jumlah alat peraga kampanye.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Awal Oktober lalu, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan lima papan reklame untuk setiap kabupaten dan kota. Untuk baliho, setiap kecamatan akan mendapat 20. Sedangkan spanduk, setiap kelurahan mendapat jatah dua.

KPU menganjurkan alat kampanye serta peraga tidak dipasang di jalanan umum yang mengganggu. "Tidak boleh di jalan raya protokol, Jembatan Penyebrangan Orang,  lembaga pendidikan, tempat ibadah. Semua ada aturannya," kata Sumarno, beberapa waktu lalu.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Adapun untuk dana kampanye, para pasangan calon boleh menerima sumbangan dari pribadi maupun korporasi. Namun jumlah besarnya sumbangan dibatasi. Untuk individu maksimal sumbangan yang dibolehkan yaitu Rp75 juta dan untuk korporasi Rp750 juta.

Ketua KPU Arief Budiman, Refleksi Hasil Penyelenggaraan Pemilu 2019

KPU Akan Perpanjang Durasi Kampanye Pilkada Melalui Media

Ini dalam rangka kampanye tatap muka dengan melibatkan massa

img_title
VIVA.co.id
16 Juni 2020