Plt Gubernur DKI Pernah Pimpin Sulut, Ini Kata Warga

Sumarsono saat ditunjuk menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Sosok Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono sangat akrab dengan warga Sulawesi Utara. Maklum, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri ini pernah didaulat untuk tugas serupa di daerah ini pada pilkada tahun lalu.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Lalu apa tanggapan warga Sulut soal pengganti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ini? Menurut warga, pria yang akrab disapa Soni itu diyakini memiliki kemampuan yang memadai untuk menjalankan tugas sebagai pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta.

"Sulut sudah membuktikan. Di mana Pilkada berlangsung aman dan beliau sangat dekat dengan warga,” ujar Otnie Tamod, seorang warga Manado, Kamis, 27 Oktober 2016.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Sumarsono yang juga dikenal sebagai pencetus tagline ‘Mari Jo Ka Manado’ bahkan juga dinilai memiliki kemampuan dan kapasitas memimpin DKI Jakarta.

"Memang harus diakui antara Sulut dan DKI Jakarta, merupakan dua provinsi yang sangat berbeda, tapi Pak Soni punya kemampuan memimpin dan memiliki integritas. Kami yakin di tangan Pak Soni, Pilkada Jakarta yang terbilang ‘panas’ akan berlangsung sukses," kata Donny Rumagit, aktivis pemuda Sulut.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Terpisah, Sumarsono menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan negara menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta. "Terima kasih. Saya tidak pernah menyangka dipercayakan sebagai pengganti Ahok dan harus menjalankan tugas selama 3,5 bulan. Mudah-mudahan amanat ini dapat saya laksanakan sebaik-baiknya,” katanya.

Menurutnya, pemerintahan harus jalan meski Gubernur dan Wakil-nya berhalangan atau mencalonkan diri dalam pelaksanaan Pilkada.

"Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 74 Tahun 2016 Pasal 9, salah satu tugasnya adalah menandatangani APBD," ujar Soni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya