Tuntut UMP, Buruh Dorong Motor dari Tugu Tani ke Balai Kota

Ilustrasi demo buruh di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Massa buruh kembali unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta. Kedatangannya untuk menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi DKI Jakarta tahun 2017.

Daftar Lengkap UMP 2024 di 32 Provinsi, Ini yang Tertinggi dan Terendah

Pantauan VIVA.co.id, Rabu, 26 Oktober 2016, mereka datang ke depan Balai Kota DKI Jakarta dengan menggunakan sepeda motor.  Tapi anehnya, konvoi yang mereka lakukan itu tak seperti biasanya, sebab motor yang mereka kendarai tidak dinyalakan mesinnya melainkan didorong.

Setibanya di sana, mereka pun langsung melakukan orasi. Sementara itu, di dalam kantor Balai Kota, Dewan Pengupahan DKI Jakarta kembali melakukan rapat penetapan UMP DKI Jakarta 2017.

UMP Lampung 2024 Cuma Naik 3,6 Persen, Pemerintah Dianggap Tidak Berpihak ke Buruh

Sebelum ke Balai Kota, massa buruh ini diketahui longmarch dari Tugu Tani ke kantor Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Massa buruh juga sempat melontarkan agar upah disesuaikan.

"Sungguh memalukan upah buruh di DKI Jakarta masih jauh lebih rendah dari Bekasi dan Karawang, mau ditaruh mana nasib buruh," ujar Oratordari atas mobil komando

UMP Sumut Hanya Naik 3,67 Persen, DPRD Desak Pemprov Kendalikan Harga Bahan Pokok

Sementara itu, lalu lintas terpantau macet karena hanya digunakan satu jalur. Setelah ini rencananya mereka akan berpindah ke depan gedung DPRD DKI.

Ilustrasi suasana Ibu Kota Jakarta sebagai pusat bisnis.

UMP dan UMK 2024 Cuma Naik Tipis, RI Akan Terlambat Jadi Negara Maju

Ekonom menilai rendahnya kenaikan upah minimum provinsi (UMP) upah minimum kota/kabupaten (UMK) di 2024 ini akan memperlambat Indonesia untuk menjadi negara maju.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023