700 Polisi Jaga JIExpo saat Pengambilan Nomor Urut Cagub

Ilustrasi polisi amankan jalannya aksi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menjadwalkan pengambilan nomor urut pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub), Selasa, 25 Oktober 2016. Acara ini rencananya akan dilaksanakan di Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, pada pukul 18.00 WIB.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Untuk mengamankan jalannya pengundian nomor urut pasangan calon, polisi sudah menyiapkan ratusan personel.

"Kurang lebih sekitar 700 personel yang kami siapkan termasuk kami siapkan cadangan di luar komando apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Ia pun menambah, Polda juga akan memonitor setiap titik-titik di luar JIExpo untuk mengamankan massa dari pendukung masing-masing pasangan cagub dan cawagub.

"Untuk sementara yang melakukan monitor dari pihak JIExpo. Namun demikian seperti tadi yang dikatakan tidak menutup kemungkinan mereka akan membawa massa di beberapa titik berkumpul di sekertariat masing-masing kami juga akan memonitor setiap perkembangannya. Kami akan kerahkan komando jika memang dibutuhkan," katanya.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Untuk diketahui, KPU Provinsi DKI Jakarta resmi menetapkan tiga pasangan cagub dan cawagub untuk mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.

Ketiga pasangan calon tersebut yakni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni serta Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno.

Ketiganya dinyatakan lolos dalam seleksi dan verifikasi yang telah dilakukan KPU Provinsi DKI.

Dengan resmi ditetapkan, ketiga pasangan sudah mulai terikat dengan peraturan KPU terkait pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, termasuk salah satunya terkait jadwal kampanye. Tahapan kampanye akan dimulai pada 28 Oktober 2016 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya