Rabu, Mendagri Lantik Pelaksana Tugas Ahok

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

"Rabu (26 Oktober 2016) akan saya lantik," kata Tjahjo, usai menghadiri rapat pleno KPU DKI Jakarta terkait penetapan pasangan calon di Balai Sudirman, Jakarta, Senin, 24 Oktober 2016.

Menurut Tjahjo, sosok yang menggantikan Ahok, sapaan Basuki, berasal dari pejabat eselon satu Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dia memastikan, pihaknya akan menunjuk orang yang berpengalaman dan paham mengenai otonomi daerah, keuangan daerah dan kesekretariatan daerah.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

"Sehingga tata kelola pemerintah DKI berjalan dengan baik dan hubungan antara pusat dan DKI dalam rangka menyelenggarakan, melaksanakan optimalisasi penyerapan anggaran dan program kerja jalan dengan baik," kata Tjahjo.

Terkait kewenangan soal anggaran, Tjahjo memastikan, Plt yang ditunjuk boleh mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017. "Bisa (tanda tangan APBD). Sudah ada aturannya. Sudah ada payung hukumnya," ujarnya menambahkan.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Selain DKI Jakarta, Kemendagri juga akan melantik Plt dan Pejabat Sementara (Pjs) di daerah lainnya yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2017.

"Jadi DKI dan Banten akan saya lantik hari Rabu ini. Hari Kamis pelantikan Bangka Belitung, Aceh dan Gorontalo. Sementara Papua Barat dan Sulawesi Barat tidak mencalonkan lagi dua-duanya maka akan kami tunjuk pejabat sementaranya di akhir Desember.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya