Ledakan di Jatiwarna Diduga karena Aliran Gas Terbuka

Ledakan di Jatiwarna, Bekasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA.co.id – Pasca ledakan tabung gas yang menghancurkan bangunan gerai Pizza Hut Delivery di Jalan Raya Hankam, Pondok Melati, Jatiwarna, Kota Bekasi, kepolisian mulai melakukan olah tempat kejadian perkara. 

Tabung Gas 3 Kg Meledak, Sekeluarga di Pademangan Alami Luka Bakar

Petugas menyisir beragam bukti di lokasi reruntuhan untuk mencari tahu penyebab ledakan itu bisa terjadi.

Dalam proses olah TKP itu, petugas berhasil mengangkat empat tabung gas elpiji berukuran 50 kilogram dari reruntuhan bangunan tersebut. Di antara mereka didapati satu tabung ditemukan dalam keadaan aliran gas terbuka. Petugas mencurigai tabung itu sebagai penyebab ledakan.

Wanita Hamil di Bekasi Dibegal Enam Pria

"Kami menduga kuat tabung itu menjadi penyebab ledakan yang terjadi di lokasi. Sebab, tabung yang dalam keadaan on saat ditinggal karyawan pulang, membuat isi gas keluar sehingga memenuhi ruangan restoran PHD dan mengakibatkan ledakan," kata Kapolsek Pondok Gede, Kompol Sukadi, Senin, 24 Oktober 2016 di lokasi.

Sementara listrik diduga menjadi alat picu, yang menyebabkan gas itu sampai meledak. Sebab saklar listrik di lokasi menyala dan dapat memicu percikan api, yang akhirnya membuat ledakan hebat di lokasi. Ini terjadi karena dampak dari seluruh ruangan yang sudah dipenuhi bau gas dari tabung elpiji yang terbuka itu," jelas Sukadi.

Grand Mall Bekasi Kebakaran, 7 Mobil Damkar Diturunkan ke Lokasi

Untuk mengungkap kasus ini, pihaknya masih mendalami ada tidaknya kelalaian pegawai sehingga tabung gas itu ditinggal masih dalam keadaan terbuka.

"Saat ini kami masih sebatas melakukan olah tempat kejadian perkara saja, belum sampai penyelidikan ke sana. Nantinya pasti ke sana. Cuma kami memastikan tidak ada unsur kesengajaan," ungkapnya.

Rumah hancur akibat ledakan di Jakarta Barat.

Ledakan Hebat Tabung Gas 12 Kg di Kebon Jeruk, Polisi: Pemilik Masuk Rumah Sambil Merokok

Satu orang mengalami luka bakar setelah menjadi korban ledakan gas berukuran 12 kilogram di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2023