NU : Santri Harus Setia pada Ulama dan NKRI

Upacara Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2016, di Monas.
Sumber :
  • Viva.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Ribuan santri dari berbagai daerah pagi ini memadati kawasan Silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta, untuk menghadiri apel peringatan Hari Santri Nasional 2016. Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdatul Ulama, Imam Pituduh mengatakan, diperkirakan santri yang hadir sebanyak 50 ribu orang.

UIN Bandung Gelar Malam Puncak Hari Santri 2023: Bukti Jihad Santri, Jayakan Negeri

"Hari ini sekitar 50 ribu santri dari berbagai daerah berkumpul di tempat ini, sebagai umat beragama yang setia terhadap ulama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, juga untuk menangkal radikalisme," kata Imam Pituduh di Monas, Sabtu 22 Oktober 2016.

Pada peringatan tersebut, Wakapolri Komjen Syafruddin bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa santri di Indonesia harus berkontribusi dalam kehidupan sosial masyarakat, dan menjadi agen masyarakat yang peduli terhadap keamanan lingkungan.

Selepet Anies Pakai Sarung Sampai Kesakitan, Cak Imin: Mumpung Belum jadi Presiden

"Santri Indonesia harus peduli terhadap keamanan dan ketertiban negara kita. Ini adalah modal yang sangat penting, sehingga Indonesia menjadi negara yang aman dan damai. Selamat Hari Santri Nasional," ujar Syafruddin.

Dari pantauan VIVA.co.id di lapangan, ribuan santri tersebut berdatangan dengan menggunakan bus, dan berpakaian atribut ciri khas pondok pesantren masing-masing. Meski dihadiri ribuan orang, kawasan Monas tetap kondusif.

Momen Hangat Presiden Jokowi Sapa Para Menterinya di Hari Santri: Saya Kira Menag Komandan Kopassus

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah resmi mendeklarasikan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Penetapan Hari Santri ini dilakukan di Masjid Istiqlal, Jakarta, dan disaksikan oleh ribuan santri, alim ulama, serta pimpinan pondok pesantren dari berbagai daerah.

Penetapan Hari Santri ini, bertujuan untuk mengenang para Santri terdahulu yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. (asp)

15.000 Santri Tangerang Kibarkan Bendera Palestina

15.000 Santri Tangerang Kibarkan Bendera Palestina Serukan Perlindungan

Sebanyak 15 ribu santri menggelar kirab yang diadakan terpusat di Taman Elektrik, Kota Tangerang, Minggu, 12 November 2023.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2023