Dokter Indonesia Keluhkan Gaji Terlalu Kecil

Ilustrasi/Petugas kesehatan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Dunia kedokteran di Indonesia dinilai masih memiliki banyak kekurangan. Seringkali masyarakat di Tanah Air pun memilih menjalani proses pengobatan ke luar negeri. Padahal, sejumlah tenaga medis mengklaim, dunia kedokteran Indonesia semakin membaik. Lalu apa penyebabnya?

Tantangan Penggunaan AI di Dunia Kedokteran

Masih berkaitan dengan kesejahteraan dan ekonomi para medis, menurut salah seorang pakar, bayaran para tenaga medis, khususnya dokter, masih terlalu minim.

Hal tersebut yang menjadi kemungkinan merosotnya angka peningkatan kemampuan dokter dalam menangani kasus-kasus yang dialami pasien.

Khazanah: Ibnu Sina, Filsuf Berjuluk Bapak Kedokteran Modern

"Kebijakan harus diperkuat, terutama oleh Kementerian Kesehatan. Karena, bayaran dokter umum hanya diperhitungkan dari segi kompetensi, yang secara relatif masih kecil," ujar Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan, Prof. dr. Hasbullah, MPH, DrPH, di Forum Diskusi Pelayanan Kanker di Indonesia, di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Kamis, 20 Oktober 2016.

Menurutnya, bayaran dokter masih terlalu sedikit untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Terlebih, jadwal jaga dokter umum yang mengharuskannya bersiaga hingga larut malam, butuh diberikan pelayanan lebih.

Kenangan Pahit Masa Lalu Dokter Pribadi Presiden Jokowi

“Ini problem di kita, enggak mau realistis buat bayar pelayanan yang betul. Padahal seharusnya income perbulan dari tenaga medis itu disamakan dengan Kepala Cabang BPJS, yaitu sekitar Rp20-30 juta per bulan," ujarnya.

"Yang saya protes adalah kenapa hanya tarif rumah sakit saja yang dinaikkan? Padahal, tenaga kesehatan juga butuh untuk dinaikkan kapasitasnya minimal Rp20 ribu per pasien," Hasbullah menambahkan. (ase)

Nostradamus

Mengenal Nostradamus, Sosok yang Ramal Kemunculan Hitler, Bom Hiroshima Hingga Bencana 2024

Nostradamus, seorang dokter epidemiologi Prancis pada abad ke-16, terkenal sebagai seorang ahli ramalan yang terus memukau dunia bahkan setelah kematiannya. Ini sosoknya

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024