Pilkada Jakarta 2017

SMRC: Bila Pilkada Hari ini, Ahok Menang

Ahok Tak Terkalahkan dalam Survei SMRC
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA.co.id – Pasangan petahana di Pilkada DKI Jakarta, Ahok-Djarot, kokoh sebagai jawara survei yang digelar Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Ahok-Djarot unggul di posisi teratas dengan perolehan 44,4 persen disusul Agus-Sylvi di posisi kedua dengan jarak cukup jauh, yakni 22,3 persen. Juru kuncinya adalah Anies-Sandi, yang hanya mengantongi dukungan 19,9 persen.

"Bila pemilihan dilakukan hari ini, 44,4 persen warga Jakarta memilih Ahok sebagai Gubernur," kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis, 20 Oktober 2016.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Menurut Abbas ada yang mengejutkan dalam survei ini, di mana Agus justru membayang-bayangi Ahok dan mengalahkan posisi Anies.

"Dukungan terhadap Agus 22,3 persen lebih tinggi dari Anies dengan dukungan 19,9 persen. Dengan masa mengambang keseluruhan 13,4 persen," ujar Abbas.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Meski suara Agus disatukan dengan Anies, berdasarkan survei ini, tetap tidak akan mengungguli, Ahok. Meski unggul, Abbas mengingatkan Ahok-Djarat jangan terlalu jemawa. Sebab, kondisi masih bisa berubah.

"Agus cukup menarik dan kompetitif walau muncul belakangan. Jakarta kecil mudah diakses, persaingan lebih dinamis. Tergantung tim kandidat masing-masing. Masih ada kemungkinan perubahan yang signifikan," ungkapnya.

Survei opini publik ini dilakukan SMRC dari tanggal 1-9 Oktober 2016. Dengan jumlah responden 648 orang yang ditarik secara multistage random, margin eror +/- 3,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya