Demo Tuntut UMP Naik, Buruh Bentrok dengan Polisi

Massa buruh saat unjuk rasa di depan Disnakertrans DKI, 19 Oktober 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Bentrokan sempat terjadi antara ratusan buruh dengan aparat kepolisian, dalam unjuk rasa di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2016.

Mencekam, Desa di Banyuwangi Jadi Medan Perang 2 Perguruan Silat

Bentrokan terjadi usai buruh membakar sebuah ban dan sebuah keranda buatan di tempat unjuk rasa. Aparat Polres Metro Jakarta Pusat yang berada di lokasi langsung memadamkan api yang muncul akibat pembakaran itu.

Namun, saat coba memadamkan api, tiba-tiba terjadi gesekan antara buruh dengan aparat. Polisi yang tengah berusaha memadamkan api tiba-tiba saja terlibat aksi dorong-dorongan dengan para buruh.

Bentrok Perguruan Silat di Banyuwangi, 1 Tewas Belasan Luka-luka

Pada akhirnya polisi berhasil memadamkan api dan mengevakuasi kedua barang yang dibakar di sana. Suasana tegang kembali normal ketika sang orator dari atas mobil komando berteriak dan meminta para buruh untuk tidak anarki.

"Jangan ribut, norak kalian teman-teman. Perwakilan kita sudah di dalam (Kantor Disnakertrans) berkat usaha pak polisi. Jangan ribut," ujar orator dari atas mobil komando.

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

Sebelumnya diberitakan, ratusan buruh melakukan unjuk rasa di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2016. Dalam unjuk rasa tersebut, mereka menuntut Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta dinaikkan dari Rp3,1 juta menjadi Rp3,8 juta. (ase)

Protes antiperang terjadi di Moskow Rusia usai Ukraina diinvasi

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Lebih dari 750 orang telah ditangkap di kota-kota di seluruh Rusia, karena memprotes invasi Moskow ke Ukraina, yang sekarang memasuki minggu ketiga.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022