TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Rusun Mulai Rusak, DKI Akan Rehabilitasi Total

Penghuni rusun akan dipindahkan sementara.
Rusun Mulai Rusak, DKI Akan Rehabilitasi Total
Warga Korban Banjir Mulai Tempati Rusun Marunda (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana merehabilitasi total beberapa bangunan rumah susun (rusun) di Jakarta. Selain lantaran sudah tua, beberapa rusun tersebut juga mulai rusak.

"Marunda hampir semua mesti rehab. Penjaringan sudah terlalu tua mesti bongkar. Jadi semua bangunan yang lama hampir semua enggak bisa dipakai. Selain ukuran jelek, semua bocor, sistemnya enggak benar," kata Ahok, sapaan Basuki, di Balai Kota, Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2016.

Saat ini, menurut Ahok, juga tengah dibangun beberapa tower rusun di Daan Mogot, Jakarta Barat. Sementara bagi rusun yang direhabilitasi, penghuninya akan dipindahkan sementara.

Terkait lapangan kerja untuk mereka ketika dipindah, Ahok mengatakan, pihaknya telah memberi pelatihan keterampilan dan usaha, terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. Sehingga mereka tetap bisa mencari nafkah bagi keluarganya.

"Saya kira ingin ibu-ibu itu berlatih misal jahit serbet atau seprai, bantal guling, sarung bantal, macam-macam. Kami lagi latih, pinjemin nanti dibeli balik. Nanti akan dijual di Alfamart, Indomart. Supaya dia punya penghasilan," ujarnya.

Selain itu, kata Ahok, penghuni rusun yang ingin membuka usaha juga diberi kemudahan modal usaha. Saat ini, menurut Ahok, telah banyak contoh penghuni yang telah berhasil.

"Kami juga tawarin kamu mau nanam sayur cocok tanam. Lihat Kalijodo, Kalijodo semua hampir berhasil tanam sayur semua, ka mibantu bibit segala macam," katanya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP