TUTUP
TUTUP
METRO

Lahan Sulit, DKI Minta Pengusaha Kembangkan Hunian Vertikal

Dalam membangun, pengusaha mesti memperhatikan lingkungan setempat.
Lahan Sulit, DKI Minta Pengusaha Kembangkan Hunian Vertikal
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (VIVA.co.id/ Danar Dono)

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta pengusaha properti yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) membantu Pemerintah DKI Jakarta menyediakan hunian bagi warga Ibu Kota. Sebab, ketersediaan hunian di Jakarta sangat terbatas.

"Kami pemerintah urusannya untuk menengah ke bawah, kalau REI bisa menengah ke atas," kata Djarot saat membuka Rakerda REI 2016, di Jakarta Selatan, Selasa, 18 Oktober 2016.

Dalam membangun hunian, kata Djarot, REI diminta mendirikan bangunan vertikal. Langkah ini dianggap ampuh menyediakan banyak hunian dengan lahan yang terbatas di Jakarta.

"Mencari lahan di Jakarta ini susah dan mahal. Pemerintah masih kesulitan memenuhi unsur 'papan', makanya kalau mau membangun hunian harus vertikal jangan horizontal. Seperti yang kami lakukan saat ini," ujarnya.

Untuk menjalankan niat menghadirkan hunian bagi warga Ibu Kota, menurut Djarot, REI harus memperhatikan lingkungan setempat. "Jangan sampai kehadiran hunian tersebut malah menimbulkan masalah lingkungan yang merugikan warga," ujarnya.

Dia berharap, REI juga mempertimbangkan untuk mengembangkan ruang terbuka hijau (RTH) atau ruang terbuka biru (RTB) saat membangun proyek. "RTB untuk dapat menampung air hujan berlebih," ujar Djarot. (ase)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP