TUTUP
TUTUP
METRO

Dituduh Pro-Ahok, Lembaga Survei Tantang Politisi Gerindra

Buntut diamankannya salah seorang mahasiswa UIN.
Dituduh Pro-Ahok, Lembaga Survei Tantang Politisi Gerindra
Brosur survei dari Charta Politika (Twitter)

VIVA.co.id – Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya menantang Politisi Partai Gerindra, M Taufik dan Anggota Forkabi, Abdul Ghani melakukan debat terbuka guna membuktikan tudingan bahwa lembaga survei Charta Politika pro ke calon gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat.

"Saya siap berdebat menguji survei yang kita lakukan. Saya minta orang-orang tersebut mempertanggungjawabkan pernyataan-pernyataan sesat akibat mereka tidak mengerti apa itu survei," kata Yunarto Wijaya kepada VIVA.co.id.

Ia menambahkan, pernyataan yang keluar dari mulut M Taufiq dan Abdul Ghani dengan menuding kuisioner lembaga survei Charta Politika dibuat untuk menggiring opini agar koresponden memilih calon petahana dalam Pilgub mendatang adalah pernyataan yang sesat.

"Itu pernyataan dari orang-orang yang tidak mengerti survei, tidak membaca kuisioner menyeluruh, dan memanfaatkan postingan ini sebagai bentuk kampanye untuk menjelek-jelekan pasangan calon tertentu dan menjelek-jelekan lembaga survei Charta Politika," ujarnya.

Pria yang juga menjabat Sekjen Perhimpunan Lembaga Survei Opini Publik yang membawahi 38 lembaga survei itu menegaskan bahwa pertanyaan yang ada di dalam kuisioner dibuat sesuai dengan kaidah survei yang benar.

"Ayo kita buktikan. Survei ini memiliki izin, sah menurut hukum, dan sah secara teori survei atau tidak. Karena saya ikut bertanggung jawab survei ini sebagai Direktur Eksekutif Charta Politika dan juga kebetulan sebagai Sekjen Perhimpunan Lembaga Survey Opini Publik," katanya.

Sebelumnya, seorang mahasiswa UIN yang melakukan survei diamankan karena dianggap telah menggiring masyarakat untuk memilih salah satu calon. Ia ditangkap di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP