Besok Djarot Perbaiki Taman yang Rusak Akibat Demo

Tanaman di taman depan Balai Kota yang rusak pendemo.
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Sejumlah taman di depan Balai Kota DKI Jakarta rusak akibat terinjak-injak para pengunjuk rasa saat demonstrasi, Jumat, 14 Oktober 2016. Rencananya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ikut turun memperbaiki taman tersebut, Minggu, 16 Oktober 2016.

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Djarot berharap agar demonstrasi yang akan datang dilakukan dengan tertib. Massa pengunjuk rasa diminta memperhatikan fasilitas umum, termasuk taman kota. "Ini pelajaran bagi kita semua, bagaimana dalam menyuarakan pendapat kita harus tertib," kata Djarot, di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu, 15 Oktober 2016.

Djarot mengaku telah memaafkan para pendemo. "Tidak apa-apa, nanti kami perbaiki," ujarnya. 

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

Akibat demonstrasi itu tak hanya satu taman yang rusak terinjak-injak. Setidaknya ada empat area taman sekitar Balai Kota Jakarta yang rusak diinjak ribuan pengunjuk rasa. 

Maryati, petugas pertamanan, mengatakan tanaman di empat taman yang rusak tak dapat hidup lagi. Tanaman itu mati dan terpaksa harus diganti dengan tanaman yang baru.

Cerita Anak Buah Anies Gemeteran saat Gempa 6,7 Terasa di Jakarta

"Empat lokasi habis. Tadi ada dua truk (pengangkut) sampahnya. Ada 20 orang dari Dinas Pertamanan yang membantu," katanya, sambil membersihkan tanaman yang rusak, di depan Balai Kota DKI, Sabtu, 15 Oktober 2016.

Dari empat taman yang rusak, baru dua yang sudah diperbaiki dengan menanam ulang tanaman serupa. Sementara dua sisanya masih dibiarkan gundul.

Berbagai organisasi masyarakat (ormas) menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 14 Oktober 2016. Mereka demonstrasi terkait dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat mengutip surat Al Maidah dalam Alquran. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya