Pilkada Jakarta 2017

Tokoh Agama Jakarta Sepakat Jadikan Pilkada Tanpa Anarki

Ketua MUI, Maruf Amin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eka Permadi

VIVA.co.id – Berbagai tokoh lintas agama sepakat untuk menjaga kerukunan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Maaruf Amin, mengimbau kepada seluruh pihak agar agama tidak dijadikan sebagai alat untuk menimbulkan konflik.

Golkar dan Gerindra Sepakat Rekomendasikan Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI

"Agama jangan digunakan untuk menghina, jangan untuk melecehkan, merendahkan. Itu yang kita minta," kata Ma'aruf di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Jumat, 14 Oktober 2016.

Jika terjadi perbedaan pendapat, kata Maaruf, jangan diselesaikan dengan memakai kekerasan. Andai kata tidak dapat terselesaikan, maka kita harapkan diselesaikan melalui hukum yang berlaku.

Bobby Nasution Minta Maaf ke Ijeck dan Golkar Sumut Usai Bertemu Airlangga di Jakarta

"Jangan ada keributan karena kerukunan umat beragama lebih tinggi nilainya dibanding masalah yang sifatnya untuk kepentingan sesaat," ujar Ma’ruf.

Meskipun tensi politik memanas, dia berharap agar semua pihak dapat menjaga kerukunan umat beragama. "Kami pimpinan majelis agama sepakat, kita tidak rela kalau Pilkada ini mengorbankan kerukunan nasional, kerukunan antar umat beragama," kata dia.

Penjaringan Cagub Sumatera Utara Partai Golkar Lewat Survei, Ijeck Masih yang Tertinggi

Di tempat yang sama, tokoh agama Katolik, Frans Magniz Suseno berpendapat hal sama. Jika dalam rangka kampanye itu terdapat pelecehan atau sebagainya, jangan bereaksi dengan kekerasan.

"Kalau tidak bisa selesai dengan musyawarah, ya dibawa ke pengadilan sesuai dengan hukum secara beradab dan tidak ada ramai-ramai apapun," ujarnya.

Djarot Saiful Hidayat

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan partainya sedang menjaring bakal calon untuk diusung maju di Pilkada Jakarta 2024. Dia menyebut PDIP.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024