Massa Demo Kecam Ahok Longmarch, Lalu Lintas Mulai Macet

Unjuk rasa damai tangkap Ahok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Massa yang tergabung dari beberapa organisasi masyarakat (ormas) mulai meninggalkan Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Mereka melakukan longmarch menuju ke Bareskrim Mabes Polri, Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 14 Oktober 2016.

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

Sebelum melakukan longmarch, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab membacakan sebuah petisi.

"Sehubungan dengan telah terbitnya sikap keagaaman MUI bahwa Ahok (Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama) telah menistakan Islam dan menodai Alquran maka menyatakan negara dan pemerintah Indonesia, khususnya para penegak hukum harus segera memproses hukum Ahok tanpa intervensi dari pihak manapun," ujarnya dari atas mobil orasi, di Masjid Istiqlal, Jumat, 14 Oktober 2016.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

FPI menegaskan, aksinya tak ada kaitannya dengan isu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Mereka mengklaim aksi ini adalah murni reaksi dari umat Islam setelah adanya pernyataan dari Basuki Tjahaja Purnama yang diduga menistakan agama.

"Kami tidak ada urusan dengan pilkada, kami tidak ada dukung mendukung pihak lain, ini murni terkait akidah Islam," ujar orator di atas mobil komando demonstrasi.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Pantauan VIVA.co.id, aksi longmarch massa itu membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan di sana. Terlihat kemacetan terjadi di sepanjang jalan yang dilalui massa. Petugas mulai mengatur lalu lintas.

Laporan Bobby Agung Prasetyo

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya