Ribuan Polisi Diturunkan Amankan Demo Ahok di Balai Kota

Ilustrasi polisi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Kepolisian Daerah Metro Jaya menerjunkan ribuan personelnya untuk mengawal jalannya aksi demonstrasi yang dilakukan 15 ribu orang di depan kantor Balai Kota DKI Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016. Konsentrasi massa berada di sekitar wilayah Monas, depan Patung Kuda Indosat, dan Masjid Istiqlal.

Turun Gunung Ikut Demo Kecam Israel, Baasyir: Pemerintah RI Tak Boleh Lemah Hadapi Yahudi

"Seluruh kuatnya 8380 personel disiagakan," ujar Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Suyatno saat dikonfirmasi, Jumat, 14 Oktober 2016.

Selain di depan Balai Kota, massa juga akan berunjuk rasa di depan kantor Bareskrim Polri, yang kini berada satu gedung di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Gambir, Jakarta Pusat.

Pentolan Mega-Bintang Pimpin Demo People Power di Solo Besok

Akibat aksi ini, arus lalu lintas di sekitar Masjid Istiqlal dan Monas diperkirakan akan mengalami gangguan. Apalagi, massa berencana melakukan aksi longmarch usai Salat Jumat dari Masjid Istiqlal menuju Balai Kota.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Suyatno mengatakan jajaran kepolisian nantinya akan memberlakukan pengalihan arus situasional, tergantung kondisi di lapangan.

Massa Batal Demo Ponpes Al Zaytun Jika Panji Gumilang Ditahan

"Jadi kita sudah siapkan rutenya mereka menuju ke lokasi unjukrasa. Bila ada pengalihan arus, akan terjadi di sekitar Medan Merdeka, tapi untuk sekarang belum ada, situasional," kata dia menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, sekitar 15 ribu orang yang tergabung dari beberapa ormas itu akan melakukan unjuk rasa menyikapi penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarya, Basuki T Purnama alias Ahok di Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu. Mereka disebut-sebut akan melakukan aksinya setelah ibadah Salat Jumat, sekitar pukul 13.00 WIB.

Ibu Kades Wiwin Komalasari

Viral Gegara Gaya Glamornya saat Demo, Ibu Kades Wiwin Terpantau Punya Tas Branded 1 Lemari

Banyak netizen yang salah fokus melihat aksi ibu Kades bernama Wiwin Komalasari menggunakan kacamata mewah Louis Vuitton yang ia kenakan saat ikut demo di Senayan Jakarta

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2024