TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Besok FPI Turun ke Jalan Terkait Ahok dan Al Maidah

Mereka akan berkumpul di Masjid Istiqlal, Jakarta.
Besok FPI Turun ke Jalan Terkait Ahok dan Al Maidah
Tolak Ahok, FPI Bawa Ribuan Masa (VIVAnews/Ahmad Rizaluddin)

VIVA.co.id – Organisasi masyarakat (Ormas) Front Pembela Islam (FPI) berencana akan turun ke jalan untuk berunjuk rasa besar-besaran. Ribuan massa diperkirakan bakal melakukan jalan kaki dari Masjid Istiqlal ke Balai Kota dan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono mengatakan, pihaknya sudah menerima informasi unjuk rasa tersebut dan sudah melakukan rapat koordinasi yang dipimpin Kepala Polda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi, M Iriawan.

"Kemudian Direktorat Intel menyampaikan pada intelijennya, kemudian Karoops (Kepala Biro Operasi) dan Kapolres Jakpus sudah dimintai paparan terkait persiapan pengamanan, tentunya Kapolda melihat bagaimana kesiapan kami terkait pengamanan, kami pasti siapkan," kata Awi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis, 13 Oktober 2016.

Mengenai jumlah personel yang disiapkan dan rute-rute apa saja yang dilewati para pengunjuk rasa, Awi mengaku, pihaknya belum mengetahui secara pasti. Sebab, informasi tersebut biasanya akan disampaikan pada malam ini.

"Karoops akan menyusun hari ini tapi terkait dengan titik-titik seperti rute, jumlah masa, perkiraan, nanti akan kami sampaikan," katanya.

Dari data sementara, sebanyak lima ribu orang akan yang mengikuti unjuk rasa tersebut. Namun, dia berharap agar pengunjuk rasa tidak sebanyak itu. Ditakuti akan ada pihak ketiga yang menungganginya.

"Kemarin kan perkiraan sekitar lima ribu orang, kami lihat, karena kita sudah tangani dengan serius, bisa kami reduksi dan jangan sampai banyak banyaklah, untuk apa juga, takutnya nanti ada pihak ketiga menunggangi itu," ucapnya.

Dia pun menyebut, Kapolda Metro Jaya sudah memperingati Kapolres jajaran agar membantu demo besok. Hal itu dilakukan jika ada massa dari wilayah masing-masing yang ikut bergerak ke titik kumpul di Masjid Istiqlal.

"Jadi bapak Kapolda mewanti-wanti kepada Kapolres jajaran untuk mem-backup terkait dengan rencana demo besok, maksudnya apa, kalau memang ada di wilayah masing-masing ada rencana demo dan akan ke Istiqlal, tentunya mereka diperintahkan untuk mengawal," katanya.

Dari pesan berantai yang beredar, ormas FPI akan melakukan aksi demo dan aksi damai dengan tema 'Tangkap Ahok, Penista Agama'. Demo itu digelar terkait pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Kepulauan Seribu, yang mengutip surat Al Maidah ayat 51 dalam pidatonya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP