TUTUP
TUTUP
METRO
Pilkada DKI 2017

Setara Institute Menilai Ahok Tak Nodai Agama

Secara konstitusi dan etis tak ada larangan memilih pejabat beda agama
Setara Institute Menilai Ahok Tak Nodai Agama
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (VIVA.co.id/ Danar Dono)

VIVA.co.id – Setara Institute menilai apa yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terkait surat Al Maidah ayat 51 saat berbicara kepada masyarakat di Kepulauan Seribu akhir September lalu sama sekali bukan merupakan bentuk penggunaan sentimen Suku, Agama, Ras dan Antar-golongan (SARA). Begitu pula bukan bentuk penodaan terhadap agama untuk kepentingan politik.

Wakil Ketua Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos, mengatakan Ahok justru mengajak warga untuk beragama secara kritis. Di mana warga tidak hanyut dalam dalil-dalil keagamaan yang digunakan untuk berpolitik.

"Jadi, jelas sekali bahwa pihak yang berpolitik dengan menggunakan isu SARA adalah mereka yang mengadukan dan mempersoalkan pernyataan Ahok itu," kata Bonar di Jakarta, Rabu 12 Oktober 2016.

Dengan begitu, Bonar pun mengingatkan kembali, bahwa Indonesia bukanlah negara agama. Sehingga, pejabat negara dalam hal ini, yang mempunyai komitmen menjaga kesatuan dan keberagaman Indonesia untuk mengabaikan sikap dan pandangan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Karena kan, tugas dan kewajiban para penyelenggara negara adalah menegakkan konstitusi. Di mana secara konstitusi dan etis tidak ada larangan untuk memilih pejabat publik hanya karena berbeda agama dan keyakinan," kata Bonar.

Sehingga, dirinya pun yakin, warga Jakarta memiliki rasionalitas politik yang berbasis bukti capaian, kinerja, dan visi pembangunan para calon untuk menentukan pilihannya. Sekalipun tidak akan memilih calon yang berbeda keyakinan dan agama, bukan karena itu saja, melainkan karena visi yang tidak menjanjikan.

Simak video Geger Ahok Al Maidah di bawah ini atau klik: https://www.youtube.com/watch?v=iL8mJkkEpPU

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP