Pembelaan Jessica Soroti Perbedaan Warna dan Bau Kopi Mirna

Jessica diperlihatkan kopi bekas yang diminum Mirna.
Sumber :
  • ANTARA / Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Salah satu penasihat hukum Jessica Kumala Wongso, Sordame Purba, menyatakan ada perbedaan warna dan bau es kopi Vietnam yang diminum Wayan Mirna Salihin. Perbedaan tersebut didapat dari keterangan saksi pegawai Kafe Olivier dan ahli yang dihadirkan tim penasihat hukum Jessica serta jaksa penuntut umum (JPU).

Otto Hasibuan Bakal Daftarkan PK Jessica Wongso Tahun Depan

"Berdasarkan saksi-saksi dari Olivier bahwa warna sisa es kopi Vietnam adalah berwarna kekuningan atau seperti jamu kunyit," kata Sordame membacakan pembelaan dalam persidangan kasus pembunuhan Mirna di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Rabu 12 Oktober 2016.

Selain itu, menurut Sordame, saksi pegawai Kafe Olivier juga menyebutkan, bau sisa es kopi Vietnam tersebut seperti bau telur busuk. Kedua hal tersebut berbeda dengan keterangan para ahli yang dihadirkan di persidangan tentang es kopi Vietnam yang dicampur sianida.

Otto Hasibuan Bakal Lapor Bareskrim soal Dugaan CCTV Kasus Jessica Wongso Dihilangkan

Sordame menuturkan, ahli Toksikologi Forensik Nursamran Subandi menyebut bau es kopi Vietnam yang dicampur sianida seperti bitter almond.

"Ahli Gelgel (Ahli Toksikologi Forensik I Made Agus Gelgel Wirasuta) mengatakan Vietnamese ice coffee yang bercampur sianida tidak akan berubah warna menjadi kekuningan, akan tetapi warna kopi tersebut tetap berwarna cokelat susu dan baunya pun bitter almond," katanya.

Otto Hasibuan Mau Ajukan PK Kasus Jessica Wongso, Ini Pesan Edi Darmawan

Sedangkan, lanjut Sordame, hal yang sama diungkapkan Ahli Toksikologi Forensik, Budiawan. Saat itu Budiawan menyatakan, es kopi Vietnam yang bercampur sianida akan tetap berwarna cokelat susu, bau bitter almond, dan tidak semua orang dapat mencium bau tersebut.

"Keterangan saksi dan ahli saling bertentangan. Apabila hal tersebut berubah jadi kekuningan, maka tidak bisa langsung dikatakan sianida karena sianida tidak berubah warna dan berbau," kata Sordame

Dia menyatakan, bau kunyit kemungkinan disebabkan oleh hal lain seperti kopi yang sudah busuk, terkontaminasi pembersih mesin kopi, atau hal lainnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya