TUTUP
TUTUP
METRO
Pilkada Jakarta 2017

Kapolda Kumpulkan Timses Cagub, Ingatkan Tak 'Main' Isu SARA

Persatuan harus terus dijaga.
Kapolda Kumpulkan Timses Cagub, Ingatkan Tak 'Main' Isu SARA
Mendukung Pilkada DKI Jakarta. (U-Report)

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan mengumpulkan tim pemenangan masing-masing calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Pertemuan dengan Kepolisian tersebut dilakukan demi menciptakan kondisi yang aman di Pilkada DKI Jakarta.

Dari pantauan VIVA.co.id, turut hadir dari Tim Pemenangan Ahok-Djarot yaitu Mohammad “Ongen” Sangaji. Kemudian dari Tim Pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yakni Muhamad Taufik dan Tim Pemenangan Agus Yudhoyono-Sylviana diwakili Nachrowi Ramli.

Ketua DPD Partai Demokrat, Nachrowi Ramli mengatakan, pertemuan tersebut membahas soal keamanan di Pilkada DKI Jakarta.

"Kan kata Kesbang (Kesatuan Bangsa) Jakarta rawan sedang. Kalau dari kami kan Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) 10 tahun memimpin mengemas persatuan ini jangan tercederai dan jangan gara-gara Jakarta masalah SARA jadi goyang. Pancasila sila ketiga 'persatuan Indonesia' tetap dijaga. Kami dilarang oleh Pak SBY dan kami sepakat jangan bicara soal SARA," kata Nachrowi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu 12 Oktober 2016.

Sementara itu, Ketua DPD dari Partai Gerindra, M Taufik mengatakan, tim sukses (timses) sudah berkomitmen menciptakan Pilkada DKI Jakarta yang aman dan damai.

"Ya pasti itu," ujar Taufik.

Pertemuan itu menyepakati bahwa semua elemen baik dari partai, polisi, pemerintahan serta lembaga lainnya agar melaksanakan pilkada dengan damai. Masalah SARA tersebut menjadi hal krusial yang dibahas tim sukses dengan Kepolisian.  

"Ya ada arahan yang isu SARA ya enggak boleh dimainkan, enggak boleh disentuh, gitu loh, yang nyentuh isu SARA siapa? Kan Enggak boleh juga memicu timbulnya isu SARA, calon harus menyadari itu," kata Taufik.

Dia mengklaim, pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang diusung PKS dan Gerindra tidak akan memainkan isu SARA.

"Udah tidak mungkin dari kami isu SARA, Anies baswedan itu kan lembut orangnya, enggak nyablak gitu loh, gimana mau nyebarkan isu Sara," ujarnya.

Hal sama dilontarkan Ketua DPD Partai Hanura, Mohammad 'Ongen' Sangaji. Ia mengatakan, dalam pertemuan tersebut, ia dan perwakilan tim pemenangan cagub dan cawagub DKI Jakarta bersilaturahim dengan pimpinan Kepolisian untuk mengusahakan pilkada damai.   

"Banyaklah (yang dibahas). Soal SARA jangan lagi ada calon-calon Gubernur memancing isu," kata Sangaji.

Meskipun masa kampanye belum dimulai, ia menilai bahwa pertemuan ini sangat penting  untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

"Ini kan tugas polisi, dalam rangka kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyatakat) kan juga lebih baik mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi karenanya langkah pak Kapolda perlu diapresiasi ya," katanya.

Ia lantas membantah, pertemuan ini terkait pelaporan Ahok terkait surat Al Maidah ayat 51 ke Polda Metro Jaya.

"Enggak juga, enggak juga, enggak juga. Memang tugas Kepolisian. Dari pilkada terdahulu memang seperti ini. silaturahmi ini biar saling kenal," katanya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP