Pilkada DKI 2017

Tim Sukses Anies-Sandi Komitmen Tak Gunakan Isu SARA

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.
Sumber :
  • ANTARA / Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Tim Pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Syarief menegaskan, tim dan pasangan calonnya sudah berkomitmen membangun demokrasi. Sehingga mereka tak akan melontarkan isu SARA (Suku, Agama dan Ras) dalam perhelatan Pilkada DKI Jakarta.

Jadi Tersangka, Ini Pengakuan Otak Spanduk SARA Tolak Bioskop XXI

"Semua pihak yang dimotori Anies dan Sandi tak lontarkan isu SARA," kata Syarief di warung daun, Jakarta, Sabtu 7 Oktober 2016.

Ia menambahkan komitmen tersebut tentu dapat dipastikan dalam tataran pikiran, komitmen, dan rencana. Hanya saja pada tataran pelaksanaan menurutnya, perlu dilihat lebih dulu siapa yang memulainya.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Guntur (timses Ahok) katakan ada pelaporan akun. Saya setuju, adili. Tim kampanye tak akan bela ketika akun tersebut menyebar situs SARA," kata Syarief.

Meski begitu, ia menilai tetap harus adil dalam persoalan tersebut. Pasalnya banyak warga yang mempertanyakan soal pemimpin harus beragama Islam baik di pengajian atau pun masjid.

Buka Acara Jakarnaval 2018, Anies-Sandi Kompak Naik Vespa

"Kalau masyarakat, pengajian makin ditekan akan meledak. Justru enjoy saja. Makin ditekan, pengajian diinteli, dilapori, lama-lama meledak. Isu primordial biasa saja asal tak keluar dari peraturan komisi pemilihan umum (PKPU)," kata Syarief.

Ia menjelaskan PKPU mengatur sesuatu bisa dikatakan kampanye diantara kalau ada unsur ajakan dan ada pasangan calon. Menurutnya, tak perlu ada kecurigaan di pengajian yang mendiskusikan persoalan primordial.

Pj Gubernur Sultra Komjen Pol Andap Budhi Revianto

Jadi Pj Gubernur Sultra, Komjen Andap Beberkan 5 Tantangan Termasuk Netralitas ASN di 2024

Komjen Pol Andap Budhi sudah resmi jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). Komjen Andap sudah serah terima jabatan dari Gubernur Sultra Ali Mazi yang purna tugas.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2023