TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO
Pilkada DKI 2017

Agus Yudhoyono Belum Lihat Video Ahok Kutip Surat Al Maidah

"Mari kita junjung tinggi demokrasi yang adil bermartabat."
Agus Yudhoyono Belum Lihat Video Ahok Kutip Surat Al Maidah
Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan (VIVA.co.id/ Anwar Sadat)

VIVA.co.id – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono mengaku belum melihat langsung video dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok.

"Saya belum lihat langsung. Tapi bagi saya, dari awal mari kita junjung tinggi demokrasi yang adil bermartabat dan saling menghormati satu sama lain," ujar Agus di Kantor Pusat PBNU, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jumat 7 Oktober 2016.

Agus mengatakan, tuduhan penistaan agama oleh Ahok masih bersifat dugaan. Karena itu, ia meminta masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu seperti itu. Apalagi, menurut Agus, bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku dan agama.

"Mari kita hindari pertentangan antarsesama bangsa, karena alasan SARA. Kita harus bisa mengendalikan diri dan semua, karena kita ingin negeri ini tumbuh dengan baik, kemudian rukun, karena ini kekuatan kita kekuatan Indonesia adalah kemajemukan unity in diversity," katanya,

Agus menilai, keragaman itu harus disatukan. Dia mengajak semua masyarakat, termasuk warga DKI Jakarta untuk mengedepankan persatuan di atas apapun.

"Majemuk beraneka ragam, tetapi harus menyatu dalam sebuah semangat kita ingin menjadikan negeri kita aman dan damai untuk kita semua, termasuk Jakarta saya mengajak berbagai pihak agar kota terus melihat sesuatu jernih dan mengedepankan persatuan di atas segalanya," kata Agus.

Seperti diketahui, Ahok membantah telah menghina surat dalam kitab suci Alquran itu, Ahok mengatakan, ucapannya yang mengutip ayat 51 surat Al Maidah di Alquran, saat berdiskusi dengan warga Kepulauan Seribu, Selasa,27 September 2016, bukan bentuk penghinaan terhadap kitab suci umat Muslim.

Menurut Ahok, seseorang memotong klip perkataannya dari video dokumentasi pertemuan yang diunggah Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan DKI ke saluran YouTube resmi Pemprov DKI.

Pemotongan dilakukan tepat saat Ahok menghubungkan konteks ayat 51 surat Al Maidah dengan kecemasan warga terhadap keberlangsungan program pemberdayaan pembudidaya Kerapu yang sedang dia tinjau.

Ahok saat itu meminta warga supaya tidak merasa terpaksa memilihnya, karena ayat 51 surat Al Maidah ditafsirkan sebagian kalangan sebagai larangan bagi umat Muslim untuk tidak memilih pemimpin bukan dari kalangan mereka. Simak video lengkap Ahok dan Surat Al-Maidah:

 

(asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP