TUTUP
TUTUP
METRO

Dugaan Penistaan Agama, Anies dan Agus Diminta Jangan Diam

pandangan Anies dan Agus perlu sebagai gambaran visi
Dugaan Penistaan Agama, Anies dan Agus Diminta Jangan Diam
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Fajar GM - VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra mengaku banyak diminta pendapatnya terkait adanya dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yang juga calon gubernur petahana. Namun Yusril mengaku bahwa hal tersebut bukan merupakan kapasitasnya.

Yusril menyebut pihak yang paling tepat untuk dimintakan pendapatnya adalah pesaing Ahok pada Pilkada DKI Jakarta, yakni Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono yang merupakan calon Gubernur yang beragama islam.

"Saya sebagaimana sebagian warga Jakarta, ingin sekali mendengar pandangan kedua cagub Muslim tersebut, jika dihadapkan dengan dugaan penistaan terhadap Islam yang merupakan agama yang sah dan dianut oleh mayoritas warga Jakarta. Saya juga ingin mendengar apa pandangan kedua cagub Muslim itu terhadap Islam dan kehidupan beragama pada umumnya," kata Yusril dalam keterangan tertulisnya, Jumat 7 Oktober 2016.

Menurut Yusril, tanggapan dari Anies atau Agus akan bisa menjadi gambaran bagi para pemilih tentang bagaimana visi Keislaman mereka dalam mengelola Jakarta kedepan. Keduanya diimbau untuk tidak diam saja dalam menyikapi adanya dugaan penistaan agama ini.

"Jangan keduanya diam, dan menyerahkan "perlawanan" terhadap apa yang dilakukan Gubernur DKI lagi-lagi kepada ulama, habib, kaum cendikiawan dan aktivis ormas Islam, sehingga terkesan kedua Cagub Muslim ini tinggal memetik hasilnya saja tanpa mengeluarkan keringat setitikpun juga," ujar Yusril.

Menurut dia, seorang pemimpin justru harus berjuang membela aspirasi dan kepentingan para pendukungnya. Bukan malah sebaliknya, menyuruh pendukung berjuang habis-habisan, sementara sang pemimpin tinggal menikmati hasilnya tanpa berbuat apapun juga.

"Sayangnya, hingga  hari ini saya belum mendengar apa pandangan Agus Yudhoyono dan Anies Baswedan mengenai Islam dalam perumusan kebijakan umum untuk Jakarta. Dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, seyogianya mendapat tanggapan dari kedua penantangnya. Bukankah keduanya adalah calon Gubernur DKI yang diharapkan akan membawa angin sejuk dan membawa ketenteraman bagi warga Muslim Jakarta, bukan hiruk pikuk kegaduhan sebagaimana dilakukan petahana?" tandas Yusril.

Sebelumnya, Ahok dituding telah melakukan penistaan agama yakni melecehkan ayat suci Al-Qur'an surat Al-Maidah ayat 51. Sejumlah organisasi kemasyarakatan dan organisasi keagamaan berencana melaporkan Ahok kepada kepolisian terkait dugaan ini.

Ahok sendiri telah membantah telah melakukan penistaan agama sebagaimana dituduhkan kepadanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP