TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Alami Depresi, Ibu Ini Melahirkan di Musala Tambora

Ditemukan dalam kondisi plasenta masih tersambung.
Alami Depresi, Ibu Ini Melahirkan di Musala Tambora
Bayi dan ibu yang melahirkan di musala usai diselamatkan. (Raudhatul Zannah - VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Petugas Dinas Sosial DKI Jakarta menyelamatkan seorang wanita yang terpaksa melahirkan di sebuah musala di kawasan Tambora, Jakarta Barat. Diketahui, ternyata wanita dengan inisial DWS (32 tahun) itu melahirkan dalam kondisi depresi dan mengidap HIV/ AIDS.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, Salamun, mengatakan kondisi DWS itu diketahui setelah melakukan pemeriksaan dan rawat inap di Puskesmas Tambora.

"Wanita itu mendatangi Puskesmas diantar oleh warga sekitar musala. Ia datang dengan kondisi bayi sudah lahir dan plasenta masih tersambung ke bayi dan belum dipotong. Bayi lahir sekitar pukul 04.00 WIB," kata Salamun di Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2016.

Namun, lanjut Salamun, wanita yang diduga tidak punya keluarga itu sempat melarikan diri dari Puskesmas saat pengawasan lengah. Karena, DWS tidak bisa diajak berkomunikasi dengan baik, sehingga diperlukan perawatan khusus.

"Wanita itu sempat kabur dari Puskesmas. Dia kabur saat pihak Puskesmas lengah. Mungkin karena ODMK (orang dengan masalah kesejahteraan sosial-red) juga. Tapi akhirnya wanita itu ketemu lagi," kata Salamun.

Sehingga, untuk memberi perawatan khusus terhadap DWS dan anaknya, pihak Dinas Sosial DKI Jakarta membawa mereka ke Panti Sosial Perlindungan Bhakti Kasih khusus wanita yang mengalami permasalahan sosial.

"Sekarang wanita dan anaknya itu telah berada di PSP Bhakti Kasih Kebon Kosong, Jakarta Pusat. Karena wanita itu pengidap HIV maka perlu perlakuan khusus. Petugas panti juga sudah mengerti bagaimana perawatan pengidap HIV," ujarnya. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP