TUTUP
TUTUP
METRO
Pilkada Jakarta 2017

Relawan Jokowi Dukung Ahok, Ini Catatannya

Ahok diharapkan memahami kelemahannya.
Relawan Jokowi Dukung Ahok, Ini Catatannya
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  (Fajar GM)

VIVA.co.id – Relawan pendukung Joko Widodo (Jokowi) yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) mendeklariskan dukungan kepada pasangan incumbent Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Almisbat Hendrik Sirait mengatakan, meskipun Ahok adalah sosok kontroversial, namun harus dilihat dalam kaca mata kedewasaan politik. Kebencian terhadap sosoknya hampir sebangun dengan prestasi kerja dalam membangun Ibukota. 

"Fakta ini menyiratkan bahwa setiap kebijakan memang tidak bisa menyenangkan semua pihak," kata Hendrik, Kamis, 6 Oktober 2016.

Menurut Hendrik, Ahok mempunyai kelemahan dalam aspek komunikasi politik, membangun budaya kritik dan otokritik, serta minim terhadap analisa sosial, utamanya dalam soal penataan hunian warga miskin kota. 

Seharusnya, kata dia, Ahok menyadari penyelesaiaan terhadap penataan hunian warga miskin perkotaan tidak cukup dengan menyediakan hunian baru, seperti rumah susun (rusun), tanpa melibatkan proses partisipatif warga yang akan direlokasi. 

"Mengingat selain hunian, hak ekonomi, sosial, dan budaya warga rentan tercerabut saat mereka direlokasi paksa," katanya. 

Dia berharap, Ahok dapat memahami kelemahannya agar dapat merangkul suara masyarakat kalangan akar rumput. Proses dialog adalah cara yang paling tepat dalam melakukan penataan terutama bagi warga miskin.

"Apalagi pemerintah Indonesia telah meratifikasi UU Nomor 11 Tahun 2005 tentang Pengesahan Kovenan Internasional Hak-hak Ekonomi, Sosial dan Budaya. Dengan demikian, negara wajib menghormati, melindungi dan memenuhi hak tersebut kepada warganya," katanya. (ase)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP