Elektabilitas Membayangi Ahok, Agus Harimurti Bersyukur

Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono
Sumber :
  • Anwar Sadat

VIVA.co.id – Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono sangat bersyukur atas perolehan elektabilitas 19,3 persen dalam survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Dengan angka itu, dia menempati posisi ketiga dibandingkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

AHY Ungkap Ternyata Wali Kota Surabaya Teman Sekelasnya Kuliah Doktor

Berdasarkan survei itu, elektabilitas putra pertama dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini, hanya terpaut sekitar 11 persen dengan calon pasangan petahana, Ahok-Djarot dan sekitar dua persen dengan pasangan Anies-Sandi.

"Terkait dengan hasil survei, saya bersyukur karena mendapatkan nilai yang cukup baik sebagai pemula dalam dunia politik dan saya bersyukur atas dukungan dari berbagai pihak, relawan, dan berbagai kalangan," kata Agus usai menyambangi kantor DPP PAN, Jalan Senopati Raya Nomor 113, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu malam, 5 Oktober 2016.

Pakai Sarung dan Peci, AHY Sowan ke Rais Aam PBNU

Sebagai calon yang baru turun menyapa warga DKI Jakarta, elektabilitas itu dinilai cukup tinggi dibandingkan pasangan calon petahana dan Anies-Sandi yang sudah sekitar setahun menyapa warga DKI.

Agus mengungkapkan, dia dan Sylviana Murni, bakal calon wakil gubernur, akan terus bekerja keras untuk turun ke seluruh penjuru wilayah DKI Jakarta, untuk menyapa dan mendengarkan aspirasi warga.

Emil Dardak Bicara 'Kuda Hitam' AHY dan Nasib Demokrat pada 2024

"Tetapi itu (hasil survei yang cukup baik) tak membuat kami merasa puas. Kami harus kerja keras untuk menyapa, mendengar masyarakat dan dengarkan aspirasi mereka terutama hal-hal yang perlu kami jadikan prioritas jika kami terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur," ujar Agus.

Sebelumnya, hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada Oktober 2016 menunjukkan elektabilitas Ahok merosot. Elektabilitas pasangan calon petahana, Ahok-Djarot di angka 31,4 persen. Namun, angka itu masih di atas pasangan calon Anies-Sandi dengan angka 21,1 persen. Sedangkan pasangan Agus-Sylvi di angka 19,3 persen.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya