TUTUP
TUTUP
METRO
Pilkada DKI 2017

Hari Terakhir, Berkas Semua Cagub DKI Belum Lengkap

Pencalonan bisa gugur jika tidak melengkapi berkas.
Hari Terakhir, Berkas Semua Cagub DKI Belum Lengkap
Ketua KPUD DKI, Sumarno. (Anwar Sadat - VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta, Sumarno, menyatakan ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI yang akan berlaga di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017, belum juga melengkapi berkas-berkas penting hingga hari terakhir batas penyerahan berkas pencalonan.

"Ya, semua pasangan calon semuanya kurang. Kurangnya bervariasi. Semuanya belum lengkap. Seluruh persyaratan harus harus dipenuhi, ini kami tunggu sampai pukul 24.00 WIB," ujar Sumarno di kantor KPUD DKI, Jalan Salemba, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Oktober 2016.

Meskipun memasuki hari terakhir, namun sampai saat ini belum ada pasangan calon yang datang untuk melengkapi berkas. Padahal KPUD menyatakan tidak akan ada penambahan waktu atau perpanjangan hari. Karena keseluruhan harus diselesaikan hari ini.

"Tidak ada perpanjangan waktu. Kalau sampai hari ini ada yang tidak melengkapi berkas, ya tentu pasti dinyatakan tidak memenuhi syarat," kata Sumarno.

Jika sampai dinyatakan berkas tidak lengkap, pasangan calon tak langsung dinyatakan gugur atau diskualifikasi. Penentuan diskualifikasi atau tidaknya, tetap dilakukan pada tanggal 24 Oktober 2016. 

"Nanti 24 Oktober kami tentukan, kalau sampai hari ini ada yang tidak melengkapi," kata dia.

Di Pilkada 2017, ada tiga pasangan calon yang sudah mendaftarkan diri, yakni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni. (ase)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP