Blanko Kosong, 3.000 e-KTP di Tangerang Belum Tercetak

Ilustrasi/Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Sebanyak 3.000 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) milik warga di Kabupaten Tangerang terpaksa tertunda untuk dicetak. Ini dikarenakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat mengalami kekosongan blanko.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

"Ya, sekarang blanko e-KTP kosong lagi, padahal baru dua bulan yang lalu kami menerima blanko," ujar Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil Tangerang Dedeh Hadijah, Selasa, 4 Oktober 2016.

Menurut Dedeh, kekosongan blanko e-KTP ini diperkirakan akan berlangsung hingga tahun depan. Padahal dua bulan lalu mereka baru menerima 20 ribu blanko e-KTP.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Bulan Desember 2016 ini kita akan mengupayakan melakukan proses lelang dengan pihak Kementerian Dalam Negeri supaya tidak ada penumpukan pada e-KTP yang belum dicetak," katanya.

Dan kini, sebagai gantinya. Sementara warga yang belum menerima e-KTP, harus menggunakan surat keterangan perekaman e-KTP. "Supaya membantu proses administrasi masyarakat," katanya.

Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat
Cara membuat KTP digital

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana penggantian e-KTP fisik dengan KTP Digital atau disebut dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023