Pembongkaran Gedung Panin di Bintaro Diundur

Gedung Panin di Bintaro Sektor 7, Pondok Aren, Tangerang Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anissa Maulida (Tangerang)

VIVA.co.id – Pembongkaran Gedung Panin di Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan, yang kabarnya dilakukan Selasa, 4 Oktober 2016, diundur hingga 14 Oktober 2016. Penundaan itu lantaran pihak kontraktor diwajibkan melakukan sosialiasi lebih dulu terkait pembongkaran itu. 

Gedung LBH Jakarta Kebakaran, Ada Ledakan di Lantai 2

"Memang terjadi kemunduran jadwal rencana pembongkaran gedung," kata Kepala Polres Tangerang Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ayi Supardan saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa, 4 Oktober 2016.

Gedung yang beberapa waktu lalu roboh itu akan dibongkar pada malam hari pukul 22.00 WIB hingga 06.00 WIB. Dengan membongkar bagian utama atau mahkota. "Ini atas permintaan warga sekitar dan sudah disetujui pihak kontraktor serta berbagai pihak," kata Ayi.

Korban Tewas Serangan Teroris di Gedung Konser Moskow Bertambah Jadi 137 Orang

Berdasarkan kordinasi dengan PT Wahana Infonusa sebagai kontraktor, menurut Ayi, pembongkaran memakan waktu selama 90 hari. Pembongkaran gedung itu akan dilakukan dalam beberapa tahapan. 

Sebelumnya, beredar broadcast message bahwa gedung Bank Panin itu akan diruntuhkan Selasa, 4 Oktober 2016. Dalam broadcast message yang tersebar disebutkan, pembongkaran dilakukan dengan menggunakan teknik crawler crane 250 T dengan wrecking ball.

Korban Tewas Akibat Serangan Teroris di Gedung Konser Moskow Bertambah Jadi 115 Orang

Pembongkaran dibantu dengan pelemahan struktur prestressed release pada balok plat lantai. Kemudian dilakukan pengeboran beton dan pemberian chemical khusus pemotongan tulang dan pemasang sling baja. Hal itu untuk menarik dan mengarahkan jatuhnya material. Jarak aman peruntuhan sekitar 100-150 meter. 

Gedung tersebut sempat roboh, Kamis, 2 Juni 2016. Gedung itu memang akan dirobohkan. Ketika itu, proses penghancuran belum selesai, tapi tiba-tiba roboh dengan sendirinya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.
 

Gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) terbakar di Jalan Diponegoro, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 7 April 2024 sekitar pukul 22.10 WIB.

Polisi Ungkap Dugaan Penyebab Kebakaran Gedung LBH Jakarta

Gedung LBH Jakarta yang berada di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat kebakaran pada Minggu malam, 7 April sekitar pukul 22.10 WIB.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024