TUTUP
TUTUP
METRO

Pembongkaran Gedung Panin di Bintaro Diundur

Pembongkaran akan dilakukan malam hari.
Pembongkaran Gedung Panin di Bintaro Diundur
Gedung 17 lantai di Bintaro Sektor 7, Pondok Aren, Tangerang Selatan, roboh, Kamis (2/6/2016). (VIVA.co.id/Anissa Maulida (Tangerang))

VIVA.co.id – Pembongkaran Gedung Panin di Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan, yang kabarnya dilakukan Selasa, 4 Oktober 2016, diundur hingga 14 Oktober 2016. Penundaan itu lantaran pihak kontraktor diwajibkan melakukan sosialiasi lebih dulu terkait pembongkaran itu. 

"Memang terjadi kemunduran jadwal rencana pembongkaran gedung," kata Kepala Polres Tangerang Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ayi Supardan saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa, 4 Oktober 2016.

Gedung yang beberapa waktu lalu roboh itu akan dibongkar pada malam hari pukul 22.00 WIB hingga 06.00 WIB. Dengan membongkar bagian utama atau mahkota. "Ini atas permintaan warga sekitar dan sudah disetujui pihak kontraktor serta berbagai pihak," kata Ayi.

Berdasarkan kordinasi dengan PT Wahana Infonusa sebagai kontraktor, menurut Ayi, pembongkaran memakan waktu selama 90 hari. Pembongkaran gedung itu akan dilakukan dalam beberapa tahapan. 

Sebelumnya, beredar broadcast message bahwa gedung Bank Panin itu akan diruntuhkan Selasa, 4 Oktober 2016. Dalam broadcast message yang tersebar disebutkan, pembongkaran dilakukan dengan menggunakan teknik crawler crane 250 T dengan wrecking ball.

Pembongkaran dibantu dengan pelemahan struktur prestressed release pada balok plat lantai. Kemudian dilakukan pengeboran beton dan pemberian chemical khusus pemotongan tulang dan pemasang sling baja. Hal itu untuk menarik dan mengarahkan jatuhnya material. Jarak aman peruntuhan sekitar 100-150 meter. 

Gedung tersebut sempat roboh, Kamis, 2 Juni 2016. Gedung itu memang akan dirobohkan. Ketika itu, proses penghancuran belum selesai, tapi tiba-tiba roboh dengan sendirinya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP